News

Puluhan Rumah di Trumon Tengah Terendam Banjir

TAPAKTUAN (popularitas.com) – Banjir bandang melanda wilayah Timur Aceh Selatan, mengakibatkan puluhan rumah di Gampong Pulo Paya dan Gampong Tengoh, Kecamatan Trumon Tengah terendam banjir disertai puing-puing kayu, Selasa, 20 Agustus 2019.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan menyebutkan, sejumlah warga yang terdampak banjir bandang terdapat 64 KK atau 188 jiwa, masing-masing Desa Pulo Paya 27 KK atau 88 jiwa dan Desa Kampung Teungoh  37 KK atau 100 jiwa.

Banjir tidak hanya menerpa rumah warga, tetapi turut menutupi jalan nasional Medan-Tapaktuan dengan lumpur dan puing-puing kayu.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Selatan, Cut Syazalisma mengatakan banjir bandang di Trumon Tengah terjadi akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah tersebut sejak dini hari hingga menjelang subuh tadi.

“Air keluar dari saluran arah gunung, sehingga menerjang puluhan rumah warga,” katanya.

Dia menyebutkan, ketinggian air mencapai 50 hingga 100 centimeter. Saat ini terangnya, banjir sudah sudah surut.

“Sekarang sedang dilakukan pembersihan material lumpur dan kayu oleh petugas BPBD, TNI, Polri dan dibantu masyarakat,” jelasnya.

Cut Syazalisma menuturkan, penyebab sering terjadi banjir di wilayah Trumon Tengah, Aceh Selatan, diakibatkan saluran air ruas jalan nasional seperti gorong-gorong sudah tidak berfungsi.

“Kita minta kepada Balai Jalan dan Jembatan Provinsi Aceh untuk dibuatkan Box Culvert di wilayah Trumon Tengah, itu yang sangat dibutuhkan sekarang. Dan dibutuhkan pembenahan gorong-gorong di beberapa titik lainya,” harapnya. (ASM)

Shares: