InsfrastrukturNews

PUPR: Tol Banda Aceh-Sigli Siap Beroperasi

Ruas jalan tol Sigli - Banda Aceh (Sibanceh) seksi empat (Blang Bintang - Indrapuri) yang siap untuk beroperasi di Kabupaten Aceh Besar. (ANTARA)

JAKARTA (popularitas.com) – Kementerian PUPR menyebut dua ruas tol baru siap beroperasi demi mendukung pemulihan ekonomi nasional. Ruas tol tersebut adalah Banda Aceh-Sigli seksi 4 Segmen Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 14 kilometer, serta Manado-Bitung (Mabit) seksi 1 Segmen Manado-Airmadidi sepanjang 14 km.

“Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri, sehingga akan memacu pertumbuhan ekonomi kawasan dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru,” ungkap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Senin, 20 Juli 2020.

Ia mengatakan terdapat dua ruas tol lain yang ditargetkan pengerjaan konstruksinya selesai sebelum Agustus 2020. Dua ruas tol yang dimaksud, yakni Kayu Agung-Kramasan sepanjang 42 km yang merupakan bagian dari Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung dan Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km.

Banda Aceh-Sigli Sesi 4 Segmen Indrapuri-Blang Bintang dan Manado-Bitung Seksi 1 Segmen Manado-Airmadidi merupakan bagian dari proyek strategis nasional (PSN). Basuki sudah menyetujui pengoperasian dua ruas jalan tol tersebut.

Sebagai informasi, jalan tol Banda Aceh-Sigli merupakan jalan tol pertama di Aceh. Pembangunannya dimulai pada akhir 2018 dengan skema penugasan pemerintah kepada PT Hutama Karya (Persero).

Nilai investasi yang dikucurkan untuk pembangunan jalan tol sepanjang 74 km itu sebanyak enam seksi ini sebesar Rp12,35 triliun. Sementara, biaya konstruksinya sebesar Rp8,99 triliun. (ANT)

Shares: