News

Qualcomm hadirkan Snapdragon X Plus, diklaim sebagai chip tercepat didunia

Qualcomm hadirkan Snapdragon X Plus, diklaim sebagai chip tercepat didunia
Ilustrasi Snapdragon X Plus untuk jadi dapur pacu di laptop dengan dukungan AI. FOATO : Qualcomm)

POPULARITAS.COM – Snapdragon X Plus resmi diluncurkan perusahaan teknologi komputer Qualcomm. Chip yang diklaim tercepat didunia itu, dibekali CPU Oryon 10-core dengan clock 3,4Ghz dan RAM hingga 64 GB serta bandwidht 135 GB/detik.

Generasi penerus dari Snapdagron X Elit tersebut, miliki 45 TOPS NPU, hingga dapat dikatakan NPU tercepat didunia untuk laptop.

Kedar Kondap, SVP and General Manager of Computer and Gaming Qualcomm Technologies, INC mengatakan, Snapdragon X Plus juga didukung PC AI-Supercharged yang membuat pengguna bisa merasakan pengalaman baru saat menggunakan teknologi artificial intellegent (AI).

“Dapat pengalaman AI baru yang radikal saat menggunakan Snapdragon X Plus,” katanya, Kamis (25/5/2024) dikutip dari laman Antara.

Lebih lanjut Snapdragon X Plus untuk laptop itu digadang-gadang menghadirkan performa CPU, kemampuan AI, dan efisiensi daya terdepan.

Qualcomm menyebutnya sebagai produk inovasi yang mendorong batasan dari apa yang mungkin dilakukan pada komputasi seluler.

Beberapa fitur yang diunggulkan dengan kehadiran 45 TOPS NPU pada chip tersebut di antaranya pembuatan kode dalam Visual Studio Code dari Codegen, pembuatan musik di aplikasi Audacity, hingga pembuatan teks secara langsung di aplikasi OBS Studio.

Untuk fitur pertama itu artinya platform membantu pengguna khususnya programmer untuk menghasilkan kode baru secara instan dengan AI yang hadir di gawainya.

Lalu untuk fitur kedua, pengguna dapat menikmati kemampuan AI mengubah kata-kata menjadi musik dan menciptakan musik baru atau menyiapkan awalnya yang baru untuk bermusik.

Sementara untuk fitur ketiga, pengguna laptop yang ditenagai Snapdragon X Plus dapat mendapatkan akses ke terjemahan otomatis dari 100 bahasa lisan menjadi teks langsung menggunakan Whisper di perangkat dan hal itu berlangsung secara real-time selama pengguna melakukan streaming di perangkat.

Dijelaskan bahwa laptop yang ditenagai Snapdragon X Plus mungkin dirilis pada pertengahan 2024.

Secara lebih detail, CPU Oryon di X Plus diklaim memberikan kinerja 37 persen lebih cepat dibandingkan beberapa pesaing yang tidak disebutkan namanya, sekaligus mengonsumsi daya hingga 54 persen lebih sedikit.

Chip ini mendukung LPDDR5x, memiliki total cache 42MB, dan dibangun pada proses 4nm.

Snapdragon X Plus juga mendukung akses terhadap tiga layar eksternal dan semuanya bisa menggunakan resolusi 4K HDR, dilengkapi dengan dukungan Wi-Fi 7, Bluetooth 5.4, ISP kamera canggih, dan pengalaman audio lossless imersif.

Shares: