News

Ratusan Warga Aceh Timur Mulai Mengungsi Akibat Banjir

Ilustrasi, banjir genangi rumah warga di kawasan Desa Alueu Sentang, Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur, Januari 2021 lalu.(BPBD Aceh Timur).

POPULARITAS.COM – Enam kecamatan di Kabupaten Aceh Timur, sejak Jumat kemarin dikepung banjir hingga saat ini. Akibatnya ratusan warga terpaksa mengungsi.

Enam kecamatan yang terendam banjir ialah, Birem Bayeun, Peureulak, Idi Timur, Peudawa, Idi Tunong dan Indra Makmur. Dari jumlah kawasan itu ada enam titik pengungsi dan juga telah dibangun dapur umum.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur, Ashadi mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima pihaknya, banjir disebabkan hujan deras yang mengguyur kasawan setempat sejak kemarin hingga saat ini, tak hanya itu air sungai Kreueng Birem Bayeun juga meluap.

“Enam titik pengunsi itu sudah kita salurkan bantuan logistik, untuk jumlah pengungsi masih dalam pendataan diperkirakan ratusan warga mengungsi, untuk korban banjir lainya belum disalurkan logistik karena tidak di dirikan dapur umum, apabila ada dapur umum akan kita salurkan,” ujar Ashadi kepada Popularitas.com Sabtu siang (02/1/2021).

Sejauh ini, belum ada laporan terkait korban jiwa. Kata Ashadi, ketingian air saat ini di Aceh Timur bervariasi, sebagaian titik mencapai 20 centimeter bahkan 50 centimeter.

“Kita mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati- hati lagi, namun jika ada yang belum mendapatkan bantuan ataupun ada yang ingin di evakuasi segara melapor ke pos kecamatan,”  katanya.

Editor: dani

Shares: