Pileg dan Pilpres 2019

Ratusan WNI Salurkan Hak Pilih Presiden di Ankara

BANDA ACEH (popularitas.com) – Ratusan warga negara Indonesia yang berada di Turki telah menyalurkan hak pilihnya dalam pemilihan presiden RI tahun 2019. Pemilihan berlangsung di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Cankaya Mahallesi, Ankara, Sabtu, 13 April 2019.

Pencoblosan berlangsung mulai dari jam 8.00 pagi sampai pukul 18.00 sore waktu Turki. Panitia pemilu berasal dari kalangan mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Ankara yang ditentukan oleh Pihak Panitia pemilu luar negeri (PPLN).

Selain memilih presiden dan wakil presiden, warga negara Indonesia di Turki turut mencoblos calon anggota legislatif DPR RI wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

Risqan Kamil (26), salah satu mahasiswa asal Aceh yang saat ini sedang kuliah di Turki mengatakan, antusiasme masyarakat Indonesia di Turki pada pemilu 2019 ini cukup tinggi. Masyarakat sejak pagi sudah mendatangi KBRI Ankara untuk memberikan hak suaranya.

“Banyak mahasiswa mencoblos. Termasuk para gelin,” papar Risqan, ketika dihubungi via telpon, Sabtu kemarin.

Gelin yang dimaksud Risqan adalah warga negara Indonesia yang menikah dengan orang Turki. Sementara itu, warga Indonesia yang bermukim jauh dari KBRI Ankara, terangnya, akan dikirimkan surat suara pemilu ke rumah masing-masing.

“Penghitungan suara nanti akan dilakukan di wisma KBRI tanggal 17 April,” sebutnya.

Untuk menyambut warga Indonesia yang memilih di pemilu 2019 ini, pihak KBRI Ankara sedikit memoles suasana di kantor kedutaan tersebut. Ornamen-ornamen berwarna merah putih terpasang ditiap sudut ruangan. Juga tampak beberapa spanduk “Pemilu Berdaulat Negara Kuat” dari KPU.

Selain memberikan hak suara, warga negara Indonesia di Turki juga memanfaatkan momen tersebut untuk bersilaturahmi. (ASM)

Shares: