News

Rawan Diganti Plat Hitam, Mobil Dinas di Abdya Diminta Pasang Logo Pemkab

Ilustrasi mobil dinas | Okeinfo.net

BANDA ACEH (popularitas.com) – Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Abdya meminta bupati untuk mengeluarkan instruksi pemasangan stiker berupa logo pemerintah kabupaten di setiap mobil dinas yang ada di Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK).

Ketua Komisi D DPRK Abdya, Ikhsan menuturkan, selama ini banyak mobil dinas yang disalahgunakan, tidak untuk kebutuhan kerja, dan digunakan oleh orang-orang di luar pemerintahan.

Tak hanya itu, ujar Ikhsan, bahkan banyak ditemukan plat mobil dinas tersebut diganti dengan plat hitam, sehingga identitas aset negara itu berubah wujud seakan-akan jadi milik pribadi.

“Mobil dinas ini kalau dibawa ke luar Abdya sering kali diganti plat, karena itu Bupati perlu membuat instruksi agar semuanya dipasang stiker berlogo Pemkab,” sebut Ikhsan dalam keterangannya kepada wartawan di Banda Aceh, Rabu, 26 Februari 2020.

Ia menjelaskan, pemasang logo pemkab sangat penting untuk mengantisipasi penyalahggunaan mobil dinas. Selain itu, ini juga bentuk penertiban aset negara.

“Ini sebagai bentuk transparansi, efisiensi pemerintah Abdya untuk mengecilkan kesalahan penggunaan aset negara,” jelas Ikhsan.

Menurutnya, dengan adanya pemasangan logo pemkab, maka akan memberi kemudahan bagi masyarakat  mengetahui aset berjalan pemerintah tersebut. Sehingga, masyarakat juga bisa secara langsung mengawasi penggunaan mobil yang dibeli dengan uang rakyat tersebut.

Dengan demikian, lanjut Ikhsan, pejabat yang memakai kendaraan negara itu akan lebih hati-hati dalam penggunaanya.

Ia mencontohkan, layaknya seperti penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), di rumah mereka terpasang stiker sebagai informasi pemerintah untuk lebih mudah mengetahui masyarakat miskin sebagai penerima bantuan tersebut.

“Jika logo pemkab itu terpasang, masyarakat langsung bisa mengontrol dan dapat menegur penyalahgunaan kendaraan dinas tersebut,” pungkasnya.*(C-008)

Shares: