News

Rektor USK ingatkan pendaftaran jalur mandiri akan berakhir

USK ingatkan sekolah dan siswa cermat mengisi data SNPMB
Ilustrasi, mahasiswa USK penerima KIP-Kuliah mengikuti sosialisasi tentang program tersebut di gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Minggu (4/9/2022). Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Rektor Universitas Syiah Kuala Prof Marwan mengingatkan bahwa jadwal pendaftaran untuk Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM PTN) Barat atau Jalur Mandiri akan berakhir sampai tanggal 27 Juni 2023 pukul 16:00 WIB.

Rektor mengatakan, informasi berakhirnya masa pendaftaran ini penting untuk disampaikan karena jalur Mandiri merupakan jalur terakhir untuk masuk perguruan tinggi negeri.

“Jadi kami ingatkan kepada anak-anak kami yang ingin kuliah di perguruan tinggi negeri untuk segera mendaftar. Karena Mandiri ini adalah jalur terakhir yang tersedia untuk masuk kampus pilihan kalian,” ucap Rektor, Jumat (23/6/2023).

Rektor mengungkapkan, pada tahun ini USK telah menyediakan kuota sebesar 35% untuk mahasiswa baru dari jalur Mandiri. Para mahasiswa baru ini akan tersebar pada seluruh seluruh program studi yang ada di USK.

Sementara untuk dua jalur masuk sebelumnya kuota yang disediakan USK adalah, untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) sebanyak 25% dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) sebanyak 40%.

Karena itulah, Rektor menilai kesempatan untuk memilih jalur mandiri ini juga diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang sebelumnya gagal masuk kampus pilihannya dari dua jalur masuk tersebut yaitu SNBP dan SNBT.

“Karena itulah, bagi yang gagal SNBP dan SNBT jangan berputus asa. USK menyediakan kuota 35% untuk jalur Mandiri, atau sekitar 3000 mahasiswa,” ucap Rektor.

Selanjutnya, pada tahun ini USK juga membuka program jalur Seleksi Talenta Berprestasi yang merupakan program penjaringan mahasiswa baru berdasarkan prestasi/kemampuan pada berbagai bidang. Seperti bidang akademik, kepemimpinan, minat dan bakat, olahraga, tahfidz, olimpiade, dan lainnya.

Rektor mengatakan, salah satu tujuan dibukanya jalur talenta berprestasi ini adalah untuk menemukan calon mahasiswa unggulan yang berjiwa kepemimpinan, berkarakter dan berprestasi.

Informasi lengkap terkait proses seleksi jalur Mandiri dan Talenta Beprestasi ini dapat dilihat pada website resmi USK: www.usk.ac.id atau https://smmptnbarat.id serta dapat menghubungi Call Center Humas USK pada nomor: 08116752000 atau Contact Person Panitia: 0811656886.

Shares: