News

Ribuan warga terdampak banjir Aceh Barat

Ribuan warga terdampak banjir di Aceh Barat
Ilustrasi banjir di wilayah Aceh Barat. Foto: ANTARA

POPULARITAS.COM – Hujan deras yang terus menerus mengguyur wilayah Aceh Barat hampir sepekan ini menyebabkan banjir di daerah itu. Akibatnya, ribuan jiwa di enam kecamatan ikut terdampak.

Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Aceh mencatat hingga Selasa (9/5/2023) sebanyak 2.826 jiwa dari 667 KK yang rumahnya terendam banjir.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebutkan banjir yang menerjang Aceh Barat terus meluas dan kini mengepung 19 desa.

“Untuk korban terdampak sebanyak 667 KK atau 2.826 jiwa untuk Kecamatan Sungai Mas dan Pante Cermen,” sebutnya.

Selain itu, banjir juga melumpuhkan akses lalu lintas antar kecamatan. Intensitas hujan yang tinggi ini membuat tebing sungai Woyla dan Singai Mereubo meluap.

“Luapan sungai berdampak ke Kecamatan Sungai Mas sebanyak tujuh desa, namun di kecamatan tersebut airnya sudah mulai surut,” katanya.

Sementara lima kecamatan lainnya banjir masih mengenangi pemukiman seperti Kecamatan Pante Cermen tergenang tiga desa, Kecamatan Woyla Barat tergenang hanya tiga desa.

Kemudian untuk Kecamatan Meureubo tergenang sebanyak empat desa dan Kecamatan Johan Pahlawan mengenangi sekitar dua desa.

“Untuk Kecamatan Woyla Timur saat ini masih didata,” tukasnya.

Shares: