News

RSUCM Alihfungsikan Ruang VIP Untuk Tangani Pasien Corona

Ruang Respiratory Intensive Care Unit (RICU) Rumah Sakit Umum Cut Mutia (RSUCM) Aceh Utara. (Popularitas.com/Rizkita)

POPULARITAS.COM – Rumah Sakit Umum Cut Mutia (RSUCM) Aceh Utara, terpaksa mengalih fungsikan ruang VIP Kupula atau Mudhalifah menjadi ruang Penyakit Infeksi New Emerging dan Re-emerging (Pinere) II.

Humas RSUCM Jalalluddin mengatakan, hal ini dilakukan karena ruang isolasi sejak sepekan ini selalu terisi dengan pasien positif Covid-19.

“Sebelumnya punya rencana ruang Penere I kita sekat namun tidak jadi, maka sekarang ruang VIP sakit biasa kita alih fungsikan menjadi ruang Pinere II,” ujar Jalalluddin kepada Popularitas.com Senin (28/9/2020).

Jalalluddin menyebutkan, dengan dialih fungsikan ruang VIP tersebut bisa menampung sebanyak 16 bet, untuk ruang sebelumnya hanya menampung 15 bet saja. Maka saat ini RSUCM bisa menampung  pasien Covid di ruang Pinere sebanyak 31 bet.

“Sebenarnya rumah sakit ini tidak terkendala ruangan jika tidak ada pasien covid 19, sejak ada pasien Covid 19 kita sedikit terkendala ruangan, karena pasien covid 19 ini kan harus dirawat satu ruang satu bet. Sejauh ini ruang pasien biasa tidak ada kendala ruangan,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, di RSUCM rawat pasien Covid 19 sebanyak 14 pasien sedangkan kouta hanya mampu menampung sebanyak 15 pasien.

Jalalluddin menyebutkan RSUCM sedikit terkendala ruang kendati untuk ruang Penyakit Infeksi New Emerging dan Re-emerging (Pinere) hanya bisa ditempati 15 orang sedagkan sudah mencapai 14 pasien.

Selain itu, ruang Respiratory Intensive Care Unit (RICU) dan ruang IGD isolasi juga penuh. Dikarenakan pada bulan September pasien Covid 19 baik itu pasien Aceh Utara – Lhokseumawe maupun dari kabupaten lain sangat banyak.

“Selama sepekan ini, pasien yang di rujuk ke RSUCM lumayan banyak sehingga ruang selalu penuh, bahkan pasien baru saja yang sudah dibolehkan pulang, selang berapa jam sudah terisi lagi, itu hanya pasien covid 19 saja,” katanya.

Editor: dani

Reporter : Rizkita

Shares: