News

Santri Dayah Insan Qur’ani Aceh Besar juara dua nasional Madrasah Fest 2023

Muhammad Rasyidi berhasil meraih juara kedua pada cabang Memorizing Holy Quran (MHQ) kategori 20 juz tingkat Madrasah Aliyah pada Madrasah Fest 2023. Foto: Dayah IQ

POPULARITAS.COM – Santri Dayah Insan Qur’ani Aceh Besar, Muhammad Rasyidi berhasil meraih juara kedua pada cabang Memorizing Holy Quran (MHQ) kategori 20 juz tingkat Madrasah Aliyah pada Madrasah Fest 2023.

Even nasional itu berlangsung pada tanggal 10-12 Agustus 2023 bertempat di Hotel Atria Gading, Serpong, Banten. Ajang ini merupakan hasil kerjasama Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sebelumnya, para peserta dari berbagai daerah telah mengikuti serangkaian seleksi di provinsinya masing-masing hingga akhirnya terpilih untuk mengikuti Grand Final di Banten.

Muhammad Rasyidi berhasil masuk ke babak grand final setelah mengungguli 110 peserta lainnya di babak penyisihan. Rasyidi dinyatakan finish di peringkat dua setelah bersaing dengan 10 finalis terbaik se-Indonesia.

Madrasah Fest sendiri merupakan festival keagamaan madrasah yang diikuti oleh siswa madrasah terbaik se-Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat disiplin serta menguasai ilmu Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab dengan baik serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Wakil Pimpinan Bidang Tahfizh dan Ubudiyah Dayah Insan Qurani, Muttaqin Anas, Senin (14/8/2023) yang turut mendampingi kafilah Aceh selama berada di Banten menyampaikan apresiasi dan rasa gembiranya atas prestasi yang diraih Rasyidi. Menurutnya, Rasyidi merupakan santri ideal yang patut dijadikan teladan santri lainnya.

“Prestasi ini tidak lepas dari keberkahan Al-Qur’an yang Allah berikan kepada Rasyidi. Ia adalah santri yang mampu bermulazamah dengan Al-Qur’an meski kegiatannya di Dayah sangat padat. Terlebih Rasyidi merupakan Bendahara pusat pengurus OSDIQ yang pastinya punya berbagai kesibukan diluar kewajibannya sebagai seorang santri,” ungkapnya.

Dia berharap prestasi ini menjadi motivasi bagi santri lainnya, meski penuh aktifitas di Dayah tapi tetap fokus pada menghafal Al-Qur’an dengan mutqin.

Rasyidi tercatat telah mengkhatamkan hafalannya sejak masih belajar di Madrasah Tsanawiyah dan merupakan putra bungsu dari pasangan Bapak Khaidir Zulkifli dan Ibu Mardiana. Ia memiliki empat bersaudara yang semuanya Hafizh Al-Qur’an 30 Juz.

Selain Rasyidi, sejumlah santri dan siswa madrasah asal Aceh lainnya juga memperoleh juara, seperti Fayhaq Ridhallah yang meraih peringkat pertama pada cabang MHQ 30 Juz tingkat MA.

Seperti diketahui Madrasah Fest ini diikuti 817 peserta, terdiri atas 82 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), 227 Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 508 Madrasah Aliyah (MA).

Peserta berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Total hadiah yang disiapkan panitia sebesar Rp370 juta. Madrasah Festival ini dilaksanakan secara online (untuk babak penyisihan) pada 24 – 27 Juli 2023 dan secara offline (tatap muka) untuk babak final pada 10 – 12 Agustus 2023.

Shares: