News

Satu Perawat Positif Corona di Sabang

Satu Perawat Positif Corona di Sabang
Kepala Bagian Umum dan Humas Pemerintah Kota Sabang, Bahrul Fikri S.STP MM

SABANG (popularitas.com) – Seorang perawat yang bertugas di Puskesmas Balohan Kota Sabang berinisial NII positif terinfeksi virus corona. Ini menjadi kasus kedua ditemukan positif Covid-19 di pulau wisata paling barat Indonesia.

Kepala Bagian Umum dan Humas Pemerintah Kota Sabang, Bahrul Fikri S.STP MM mengatakan, bahwa pasien kedua di Sabang ini berinisial NII (40) yang berprofesi sebagai perawat di Puskesmas Balohan Kota Sabang.

“Iya satu orang warga kita terkonfirmasi positif COVID-19. Ini kasus kedua di Kota Sabang,” kata Bahrul, Selasa (14/7/2020).

Bahrul menjelaskan, pasien NII (40) berdomisili di Gampong Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. NII dinyatakan positif dari hasil uji sampel usap (swab) dengan metode polymerase chain reaction (PCR) di Balai Litbangkes Aceh.

NII sempat keluar hasil negatif Covid-19 pada uji swab pertama. Namun baru pada hasil uji swab yang kedua, NII dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

“Prosedurnya memang harus diambil swab dua kali dan setelah 14 hari dari hasil swab yang pertama, swab NII yang kedua kalinya menunjukkan hasilnya yang positif COVID-19,” kata Bahrul.

Menurut Bahrul, pasien tidak memiliki gejala selama ini dan setelah dinyatakan positif terpapar COVID-19, NII langsung melakukan isolasi mandiri di rumahnya.

Bahrul berharap warga untuk tidak panik dan tetap meningkatkan kewaspadaan dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk tidak lanjut, kata Bahrul, sebanyak 95 orang petugas di Puskesmas Balohan juga langsung melakukan isolasi mandiri. Kemudian, sebanyak 27 orang yang berkontak jarak dekat dengan pasien NII telah diambil sampel swabnya, termasuk 4 orang anggota keluarganya.

“27 orang yang diambil swabnya tadi pagi itu keluarga dan tenaga medis, dan swabnya juga sudah langsung dikirim ke Balai Litbangkes Aceh. Kita juga akan terus melakukan tracing sebagai langkah antisipasi,” katanya

Secara akumulasi seluruh Aceh pasien positif virus corona sebanyak 110 kasus, setelah ada penambahan hari ini tiga kasus, termasuk di antaranya perawat dari Sabang. Dua kasus penambahan lainnya berasal dari Bireuen dan satu orang luar daerah.[acl]

Shares: