News

Satu Tenaga Medis di Pidie Jaya Terkonfirmasi Positif Corona

Juru bicara Tim Gugus COVID-19 Pidie Jaya, Eddy Azwar. (popularitas/Nurzahri)

POPULARITAS.COM – Seorang dokter dan warga di Kabupaten Pidie Jaya, terkonfirmasi positif terinfeksi COVID-19.

Tenaga medis yang dilaporkan positif COVID-19 itu berinisial ND, diketahui bertugas di salah Puskesmas di Kecamatan Bandar Dua.

Sedangkan warga biasa yang positif COVID-19 berinisial UI (60) penduduk Kecamatan Meurah Dua, Pidie Jaya.

Juru bicara Tim Gugus COVID-19 Pidie Jaya, Eddy Azwar menyebutkan, keduanya terkonfirmasi positif virus corona berdasarkan hasil uji swab dengan metode PCR yang diterima gugus terhitung 16-17 Agustus 2020.

Bahkan pasien berisial UI tersebut sudah meninggal dunia di RSUZA pada Jumat 14 Agustus 2020, usai mendapat perawatan selama satu hari.

Sebelummya UI sempat dirawat di RSUD Pidie Jaya selama tiga hari, terhitung 11 sampai 13 Agustus 2020.

Dalam masa perawatan di RSUD Pidie Jaya, UI sempat dilakukan rapid tes di mana hasilnya non reaktif. Kemudian pihak RS kembali dilakukan rapid untuk kedua kalinya, kemudian hasilnya reaktif.

“Sehingga langsung dirujuk ke RSUZA Banda Aceh pada 13 Agustus, hari Jumat atau satu hari di RS Banda Aceh, UI meninggal dunia sekira pukul 14.00 WIB. Dan hasil Swabnya baru kita terima pada Senin kemarin dengan hasil positif,” jelasnya.

Proses pemularasaan jenazah UI yang diketahui memiliki riwayat penyakit jantung itu oleh warga tidak dilakukan berdasarkan protokol kesehatan COVID-19.

Sedangkan untuk Dokter di salah satu Puskesmas di wilayah Kecamatan Bandar Dua itu, terkonfirmasi positif juga berdasarkan hasil swabnya yang diterima pada Minggu 16 Agustus 2020.

Sebelum terkonfirmasi positif COVID-19, awalnya salah satu tenaga medis di Kabupaten Pidie Jaya mendatangi tim gugus guna melakukan rapid test, disebabkan dokter tersebut bermasalah dengan indra penciumannya.

“Hasil rapid reaktif, sehingga tenaga medis itu melakukan tes swab mandiri, hasilnya swab yang kita terima pada Minggu positif COVID-19,” jelas Eddy Azwar, Selasa (18/08/2020).

Kini dokter umum yang berKTP Aceh Utara (Acut) serta memiliki riwayat perjalanan Pidie Jaya dan Acut tersebut, sudah melakukan isolasi mandiri secata ketat.

Editor: dani

Reporter: Nurzahri

Shares: