KesehatanNews

Sederet manfaat kopi pahit untuk kesehatan

Mengenali perbedaan kopi arabika dan robusta
Ilustrasi kopi hitam. (ANTARA/Pixabay.com/Christoph)

POPULARITAS.COM – Secangkir kopi di pagi hari bisa membuat dan menambah semangat dalam menghadapi pekerjaan yang menumpuk.

Namun kebanyakan orang menambahkan gula ke dalam minuman ini, padahal manfaat kopi pahit jauh lebih besar dibandingkan dengan tambahan pemanis.

Rasa pahit dalam kopi memang tidak membuat banyak orang menyukainya, dan menambahkan gula, krim hingga bahan lainnya. Namun, kopi hitam dapat membantu menyembuhkan tubuh Anda jika Anda mengonsumsinya dengan cara yang benar.

Setidaknya ada 10 alasan ilmiah mengapa Anda harus minum kopi pahit setiap hari. Dikutip dari Pharmeasy, berikut pembahasan lengkapnya agar Anda mulai rutin minum minuman favorit ini.

1.Menurunkan berat badan

Kopi hitam adalah minuman bebas kalori yang dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. Minuman ini kaya akan kafein yang dapat merangsang metabolisme dan meningkatkan tingkat energi, juga menekan rasa lapar.

Kopi hitam mengandung asam klorogenat yang membantu memperlambat produksi glukosa. Oleh karena itu, jika Anda minum kopi hitam setelah makan, ini dapat membantu memperlambat pembentukan glukosa. Juga mengandung banyak antioksidan yang dapat menangani manajemen berat badan.

2. Meningkatkan kinerja fisik

Diketahui bahwa kafein merangsang sistem saraf kita. Stimulasi ini dapat membantu meningkatkan kadar adrenalin dalam darah. Hormon ini dikenal sebagai fight-or-flight, yang mempersiapkan tubuh untuk aktivitas fisik yang intens.

3. Menurunkan risiko diabetes

Banyak penelitian menunjukkan bahwa minum kopi pahit dapat membantu Anda melawan risiko diabetes secara efektif. Kopi dapat membantu meningkatkan produksi insulin dalam tubuh yang dapat mengatur kadar glukosa darah.

4. menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Asupan kopi secara teratur dapat meningkatkan tekanan darah tetapi efek ini dapat berkurang seiring waktu. Studi menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

5. Bermanfaat untuk kesehatan hati

Hati adalah organ vital yang bekerja secara diam-diam untuk menjaga kesehatan tubuh. Kopi hitam dapat membantu mengurangi tingkat enzim hati berbahaya yang ditemukan dalam darah. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa kopi membantu mengurangi risiko kanker hati, penyakit hati berlemak, hepatitis dan sirosis hati.

6. Membantu menjaga sistem saluran kemih tetap bersih

Karena kopi bekerja sebagai diuretik (meningkatkan keluaran urin), Anda akan buang air kecil lebih banyak. Itu membantu mengeluarkan bahan beracun dari tubuh kita. Ini membantu menjaga perut Anda bersih dan sehat.

7. Membantu mencegah risiko kanker

Studi tertentu menunjukkan bahwa kopi dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker tertentu seperti kanker hati, kanker usus besar dan kanker payudara. Kopi membantu mengurangi peradangan internal.

8. Meningkatkan daya ingat

Minum kopi hitam dapat memerangi fungsi normal otak dan menjaga otak Anda tetap sehat. Ini membantu menjaga saraf otak tetap kuat dan meningkatkan daya ingat.

9. Membantu mengurangi stres

Kopi adalah minuman ajaib yang dapat membantu Anda rileks dari stres dan ketegangan. Secangkir kopi hitam dapat langsung meningkatkan mood, dan membuat segalanya lebih baik. Ini dapat merangsang sistem saraf dan membantu meningkatkan neurotransmiter, seperti dopamin dan serotonin.

10. Mencegah risiko penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer mempengaruhi kelompok usia yang lebih tua, biasanya lebih dari 65 tahun. Minum kopi hitam dapat membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Efek Samping Kopi Hitam

Makan dan minum apapun secar berlebihan bisa sangat berbahaya, termasuk kopi pahit dan hitam. Terlalu banyak kopi hitam dapat menyebabkan kecemasan atau stres dan jika diminum sebelum tidur dapat mengacaukan rutinitas tidur.

Kafein yang ada dalam kopi dapat menyebabkan hyperacidity. Dan terlalu banyak kopi membuat tubuh Anda sulit menyerap mineral dari diet harian.

Jadi konsumi secara tepat, kita bisa mendapatkan manfaat kopi pahit yang baik untuk kesehatan.

Shares: