News

Sejarah jalur rempah Aceh Jaya akan dipamerkan di PKA-8

Nilam di Aceh Jaya. Foto: Disdikbud Aceh Jaya

POPULARITAS.COM Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Jaya akan mengkuti semua jenis kegiatan pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8.

Kegiatan dimaksud seperti perlombaan, pawai maupun pameran. Seperti diketahui, even tersebut dilaksanakan pada 4 hingga 12 November 2023 di Banda Aceh.

Terkait pameran di anjungan PKA, kali ini Aceh Jaya akan memamerkan “sejarah jalur rempah Aceh Jaya”, khususnya nilam.

“Anjungan dan bahan-bahan yang akan dipamerkan kita siapkan,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Jaya, Abu Bakar, Rabu (1/11/2023).

Saat ini panitia PKA Aceh Jaya sedang mempersiapkan seluruh keperluan lainnya, seperti peserta lomba, pawai hingga anjungan.

“Persiapan hampir 100 persen dan kita siap ikut dalam kegiatan itu,” ucap Abu Bakar.

Untuk perlombaan PKA, mereka akan mengikuti seperti Gelayang Tunang, Genteut, Kayuh Jalo, Peayon Aneuk, penampilan tarian Warisan Budaya Tak Benda (WBTB).

Tak lupa, kuliner khas Aceh Jaya juga hadir dengan melibatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal, seperti Cingkui, Bude, Kopi Portugis, Mie Guritno, dan lain-lain.

Dengan adanya kegiatan PKA-8 ini, Abu Bakar berharap Kabupaten Aceh Jaya bisa dikenal dan terpromosi dengan baik, serta mendapat perolehan juara.

“Harapan lainnya kepada masyarakat agar mendukung pelaksanaan PKA-8. Mari kita dukung kegiatan ini dengan penuh semangat,” ajaknya.

Shares: