News

Sejumlah kecamatan di Aceh Timur dilanda banjir

Masyarakat Aceh Timur diminta siaga banjir
Ilustrasi, banjir di Aceh Utara, Rabu (5/10/2022). Foto: Humas Polda Aceh

POPULARITAS.COM – Sejumlah Kecamatan di Kabupaten Aceh Timur dilanda banjir menyusul hujan melanda kabupaten di pesisir timur Provinsi Aceh tersebut sejak beberapa hari terakhir.

“Belum ada titik pengungsian, tapi puluhan rumah dikepung banjir,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Timur Ashadi di Aceh Timur, Jumat (7/10/2022).

Ashadi menyebutkan kecamatan dilanda banjir yakni Kecamatan Pante Bidari meliputi Desa Blang Seunonga dengan delapan rumah yang terendam serta 35 jiwa terdampak bencana tersebut.

“Banjir juga merenda Desa Pante Labu di Kecamatan Pante Bidari. Jumlah rumah yang terendam dan warga yang terdampak sedang dalam pendataan. Ketinggian air di dua desa tersebut mencapai setengah meter,” kata Ashadi.

Kemudian di Kecamatan Julok, kata Ashadi, banjir melanda Desa Ladang Baro. Jumlah yang terendam masih dalam pendataan. Sedangkan ketinggian air, berkisar 10 hingga 50 centimeter.

Di Kecamatan Ranto Peureulak, juga dilaporkan banjir, meliputi Desa Seumanah Jaya. Belum diketahui pasti rumah dan warga yang terdampak banjir. Ketinggian air di tempat itu mencapai setengah meter,” kata Ashadi.

Ashadi mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan siap siaga. Jika ketinggian air diminta segera mengungsi ke tempat lebih tinggi. Kepada aparatur desa dan kecamatan, segera melaporkan jika terjadi hal-hal tidak diinginkan.

“Kami terus memantau perkembangan banjir serta menyiagakan personel. Termasuk menyiapkan penanganan tanggap darurat serta kebutuhan pengungsian jika ada masyarakat mengungsi,” kata Ashadi. (ant)

Shares: