News

Sekolah yang Sempat Ditutup Karena Langgar Prokes di Banda Aceh Kembali Dibuka

Pegawai Dinas Pendidikan Banda Aceh membuka kembali bentangan spanduk penutupan sekolah Muhammadiyah 2, di Banda Aceh, Rabu (14/1/2021) (ANTARA)

POPULARITAS.COM – Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh sudah membuka kembali tiga sekolah dasar (SD) yang sempat ditutup karena mengabaikan protokol kesehatan (prokes) saat proses belajar secara tatap muka.

“Tiga sekolah yang sempat kita tutup itu sudah dibuka kembali, dan hari ini siswa sudah belajar normal seperti biasanya,” kata Kepala Dinas Pendidikan Banda Aceh Saminan Ismail seperti dilansir laman Antara, Kamis (14/1/2021).

Sebelumnya, Pemerintah Kota Banda Aceh menutup tiga sekolah dasar karena mengabaikan penerapan protokol kesehatan selama proses belajar tatap muka.

Tiga sekolah yang ditutup tersebut yakni SD Negeri 14, SD Negeri 46 dan SD Muhammadiyah 2 yang berada di wilayah Banda Aceh.

Saminan mengatakan, sekolah itu dibuka kembali setelah para kepala sekolah, komite serta dewan guru telah mengakui kesalahannya, dan bersedia memperbaiki apa yang telah terjadi.

“Jadi karena mereka sudah mengetahui dan membuat pernyataan sikap tidak mengulangi lagi kesalahan, dan bersedia terapkan prokes yang ketat sesuai SOP, maka sekolah itu kita buka kembali,” ujarnya.

Saminan menyampaikan, pemberian sanksi berupa penutupan sekolah itu dilakukan sebagai edukasi penerapan protokol kesehatan, serta sebagai bentuk keseriusan pemerintah untuk memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19.

Saminan menegaskan, pihaknya masih terus melakukan pengawasan terhadap sekolah yang baru dibuka kembali itu, serta mamantau penerapan prokes seluruh sekolah di Banda Aceh lainnya.

“Jadi terus kita awasi, jika ada yang lalai tidak menerapkan prokes maka kita tutup lagi sekolah, sampai benar-benar melaksanakan prokes yang ketat,” kata Saminan.

Shares: