News

Semburan gas muncul saat warga di Aceh Jaya gali sumur

Semburan gas muncul saat warga di Aceh Jaya gali sumur
Api yang menyala dari semburan gas saat pengeboran sumur di Gampong Keutapang, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Selasa (26/3/2024). FOTO : Dokumen warga

POPULARITAS.COM – Semburan udara disertai gas muncul saat warga Aceh Jaya melakukan pengeboran sumur untuk keperluan air bersih.

Peristiwa ini terjadi di kawasan Gampong Keutapang, Kecamatan Krueng Sabee, Selasa (26/3/2024).

Informasi yang dihimpun popularitas.com, kemunculan semburan udara berbau gas ini terjadi saat kedalaman sumur mencapai sekitar 18 meter.

Lantas sang penggali sumur yakni Erman bersama pemilik rumah mencoba untuk membuktikan adanya gas dengan memercikkan korek api.

Benar saja, ternyata api sekitar satu meter pun muncul dari ujung pipa yang digunakan untuk mengebor sumur. “Pertama kali terjadi selama saya melakukan pengeboran sumur,” ujar pria bernama lengkap Ermansyah ini.

Pengeboran sumur tersebut pun telah dihentikan. Hal ini dilakukan guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Apalagi, sambung Erman, penemuan semburan gas ini terjadi di dekat bangunan rumah.

Sementara itu, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Jaya yang menerima informasi ini langsung datang ke lokasi untuk peninjauan.

Salah seorang utusan Pemkab Aceh Jaya, Dedek Suriadi menyebut, peninjauan yang dilakukan untuk memastikan kandungan semburan gas yang terjadi.

“Terkait semburan gas ini warga dan pemilik rumah tidak perlu khawatir, dugaan sementara adanya gas metan,” ungkapnya.

Dedek menerangkan, lokasi pengeboran sumur merupakan kawasan gambut yang memicu gas akibat adanya penumpukan fosil alam.

Terutama, kata dia, tumbuhan yang menumpuk di rawa itu sama dengan gas di tangki septik (septic tank) maupun Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Ia menambahkan, pemerintah setempat pun tidak mengeluarkan imbauan khusus, karena dari hasil amatan sementara gas yang keluar tak berbahaya. “Jika pemilik rumah mau pakai sumur galian itu, silakan. Karena perkiraan sementara air sumur aman dipakai oleh warga,” pungkasnya.

Shares: