Senator Aceh Syech Fadhil sarankan bedah Qanun Dayah

POPULARITAS.COM – Anggota DPD RI, HM Fadhil Rahmi menerima kunjungan Majelis Badan Akreditasi Dayah Aceh (BADA).

Kunjungan kerja tersebut berlangsung di ruang kerja senator asal Aceh, Fadhil Rahmi, Sabtu (3/12/2022).

Hadir dari Majelis BADA ketua dan para anggota Teungku Haekal Afifa, Marbawi Yusuf, Ilham Mirsal, Syarwani, Ibnu Hajar, dan Tenaga Ahli DPDA, Syahminan.

Dalam pertemuan tersebut, pria yang akrab disapa Syech Fadhil ini mengapresiasi kinerja BADA serta siap mendukung pelaksanaan akreditasi seluruh dayah di Aceh.

Ia menyampaikan, sesuai amanah qanun, hendaknya Pemerintah Aceh segera membentuk Majelis Pendidikan Dayah (MPD) dan merealisasikan butir-butir Qanun Nomor 9 tahun 2018 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dayah.

“Terutama menyangkut regulasi tentang BADA dan akreditasi, seperti SPM, kurikulum dayah dan hal-hal penting demi terjaminnya peningkatan kualitas pemdidikan dayah ke arah yang lebih baik,” kata Syech Fadhil.

Sahabat Ustaz Abdul Somad (UAS) di Aceh ini juga mendorong pemerintah, pamangku kebijakan dan para pimpinan dan praktisi dayah agar melakukan bedah (muthala’ah) terhadap qanun nomor 9 tahun 2018.

“Tujuan bedah ini untuk mengetahui sejauh mana implementasi qanun di lapangan.”

“Terutama bagaimana progres peraturan pelaksana turunan qanun seperti Pergub dan lain-lain. Kemudian terkait sinkronisasi dan penyelerasaan dengan UU pesantren yang pengesahannya atau lahirnya setahun setelah lahir qanun,” katanya.

Comments
Loading...