NewsOlahraga

Shin Tae yong Beberkan Kelemahan Timnas U-19

Shin Tae yong Beberkan Kelemahan Timnas U-19
Doc PSSI

POPULARITAS.COM – Pelatih Timnas U-19, Shin Tae yong mengaku ada sejumlah kelemahan yang harus diperbaiki kedepannya. Penilaian ini dilakukan setelah memantau pertandingan uji coba kedua melawan Makedonia Utara.

Pada uji coba pertama yang berlangsung di pemusatan latihan (TC) Kroasia Minggu (11/10/2020). Tim asuhan pelatih asal Korea Selatan ini berhasil melibas Makedonia Utara dengan skor telak 4-1 di Stadion NK Junak Sinj, Split.

Empat gol kemenangan Garuda Muda dicetak oleh dicetak oleh Witan Sulaeman pada menit ke-13, dua gol Jack Brown menit 58′ dan 69′ serta Irfan Jauhari menit 83′. Ini kemenangan kedua berturut-turut yang dicetak anak asuh Shin Tae-yong. Sebelumnya timnas U-19 menang 3-0 atas NK Dugopolje pada Kamis (8/10/2020).

Pada laga uji coba kedua di lokasi yang sama dengan Makedonia Utara, Garuda Muda harus puas bermain imbang yang berlangsung, Rabu (14/10/2020).

Shin Tae yong mengaku ada sejumlah strategi dan taktik serta kemampuan tim yang harus diperbaiki. Masih ada beberapa kekurangan yang menjadi perhatiannya agar kedepannya dapat diubah cara permainannya.

Kendati ia mengapresiasi usaha keras yang telah ditampilkan oleh anak asuhnya. Permainan pada lagi uji coba kedua ini, Shin Tae yong menilai kedua tim bermain ngotot.

“Para pemain kita telah bekerja keras,” kata Shin Tae yong melalui chanel Youtube resmi PSSI.

Meskpun yang bekerja keras, sebut Shin Tae yong, namun potensi tim yang sesungguhnya belum sepenuhnya keluar. Ada beberapa faktor yang menyebabkan itu terjadi, selain lapangan pertandingan tidak dalam kondisi bagu. Begitu juga pemain tidak cukup istirahat, karena jadwal uji coba yang padat.

“Jadi setelah latihan recovery, kita akan beri 1 hari libur,” ungkapnya.

Setelah diberikan libut dan memulihkan stamina tim. Shin Tae yong mengaku akan memberikan alternatif formasi dan taktik baru bagi Garuda Muda.

Secara umum mental pemain sudah lebih baik, kata Shin Tae yong, kendati ada sejumlah kekurangan lain yang harus segera diperbaiki untuk meningkatkan kualitas permainan.

Ia mencontohkan Garuda Muda masih perlu latihan dan peningkatan kualitas seperti power dan passing. Selain itu kemampuan mencari ruang di belakang garus pertahanan lawan masih perlu ditingkatkan.

Sementara itu Kapten Timnas U-19, Pratama Arhan, menggantikan David Maulana yang tidak menjadi starter mengaku, seluruh kawan-kawannya sudah bermain maksimal.

“Menurut saya tadi teman-teman permainan sudah bermain maksimal, (meskipun) masih banyak kesalahan-kesalahan yang harus diperbaiki lagi,” jelasnya.[]

Editor: Acal

Shares: