News

Songket Aceh Besar tampil di ajang fashion show di Medan

Songket Aceh Besar tampil di ajang fashion show di Medan
Ketua Dekranasda Aceh Besar Cut Rezki Handayani bersama desainer dan peraga busana saat hadir di parade busana nusantara dalam rangkat HUT ke-43 Dekranasda, di Medan, Sumatera Utara, Selasa (16/5/2023). FOTO : MC Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Kerajinan songket hasil produksi perajin di Aceh Besar, tampil pada ajang fashion show di Medan, Sumatera Utara. Acara itu dilangsungkan pada peringatan ulang tahun ke-43 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda), Selasa (16/5/2023).

Kain songket para perajin itu, diperkenalkan secara langsung oleh Ketua Dekranasda Aceh Ny Ayu Marzuki yang sekaligus sebagai model busana. 

Ketua Dekrnasda Aceh Besar Cut Rezki Handayani, dalam keterangannya, Selasa (16/5/2023) menyebutkan, acara parade busana dari berbagai daerah itu, dihadiri oleh Ibu negara Iriana Joko Widodo dan juga Ibu Wakil Presiden Wuri Estu Handayani.

Sementara itu, katanya lagi, Ny Ayu Marzuki yang tampil memperagakan busana songket Aceh Besar, terlihat elegan dan anggun dengan balutan busana yang dipadu dengan songket para perajin di Aceh Besar.

Cut Rezky mengatakan, songket yang dipakai istri orang nomor satu di Aceh itu merupakan kerajinan tangan dari perajin binaan Dekranasda Aceh Besar yaitu perajin Mutiara Songket dan Nyakmu Songket. “Fashion show atau peragaan busana Wastra Songket Aceh Besar ini dipadukan dengan kebaya yang didesain langsung oleh desainer ternama Didiet Maulana,” ujar istri Pj Bupati Aceh Besar itu. 

Dalam kesempatan itu, Cut Rezky menyampaikan terima kasih kepada Ketua Dekranasda Aceh dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh yang sudah memberi kesempatan hasil perajin songket binaan Dekranasda Aceh Besar untuk tampil dan bersaing dengan daerah lain.

Shares: