NewsPolitik

Surat suara DPRK Subulussalam terselip di TPS Nagan Raya

Surat suara untuk Pemilu 2024 DPRK Kota Subulussalam, Aceh, ditemukan terselip di TPS Alue Rambot, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Rabu (14/2/2024). (ANTARA/HO)

POPULARITAS.COM – Surat suara Pemilu 2024 dari pemilihan DPR Kota Subulussalam terselip di TPS Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya. Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat membenarkan adanya kejadian itu.

“Benar ada terselip beberapa lembar surat suara dari DPRK Subulussalam ke TPS di Nagan Raya, tapi kejadian ini sudah diatasi, sudah dibuatkan berita acara kejadian khusus,” kata Sekretaris KIP Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Agus Mudassir, dikutip dari laman ANTARA, Kamis (15/2/2024).

Ia menjelaskan, surat suara yang terselip tersebut jumlahnya tidak banyak yaitu sekitar lima lembar ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) Desa Alue Rambot, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya.

Surat suara dari pemilihan DPRK Kota Subulussalam, Aceh juga turut ditemukan terselip di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Desa Pulo Teungoh, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, dengan jumlah sekitar dua lembar saja.

Agus Mudaksir mengatakan peristiwa terselip nya surat suara dari kabupaten/kota lain di Aceh ke Kabupaten Nagan Raya, Aceh, diduga berasal dari pabrik percetakan surat suara.

Kejadian ini, kata dia, telah ditangani oleh Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya untuk dibuatkan surat kejadian khusus.

Dia juga mengakui insiden terselip nya surat suara dari Kota Subulussalam, Aceh, juga tidak mempengaruhi proses pemungutan suara di TPS, karena telah diganti dengan surat suara lebih yang tersedia di TPS kejadian.

“Tidak ada masalah lagi, semua sudah diatasi oleh teman-teman di lapangan,” demikian Agus Mudaksir.

Shares: