News

Sutanto Tan ingin Persis Solo lebih tajam

Sutanto Tan
Sutanto Tan. Foto: LIB

POPULARITAS.COM – Persis Solo ditahan imbang 1-1 oleh Persikabo 1973 pada laga pekan ke-20 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Senin (23/1/2023) malam. Meski memiliki sejumlah peluang emas, nyatanya Laskar Sambernyawa tak mampu memaksimalkannya menjadi gol.

Dari data statistik yang ada, Persis sepanjang 90 menit laga memang lebih mendominasi penguasaan bola yakni 63 persen berbanding 37 persen milik Persikabo 1973. Jumlah passing Persis juga jauh lebih banyak dibanding sang lawan yakni 417 berbanding 242.

Selain itu, jumlah tembakan dan tembakan on target juga Persis lebih unggul. Persis tercatat memiliki 15 total tembakan dimana empat di antaranya adalah on target ke gawang. Sedangkan Persikabo punya 13 tembakan dengan lima di antaranya tembakan tepat ke sasaran gawang.

Dari tiga laga terakhirnya, Persis tercatat hanya mencetak tiga gol dengan jumlah peluang emas yang sebenarnya banyak tercipta. Kondisi ini dikatakan pemain Persis, Sutanto Tan sebagai sebuah tantangan yang harus segera diperbaiki lagi.

“Di laga lawan Persikabo 1973 kita kemasukan gol cepat. Tapi setelah itu kita respon cepat. Tim bisa menguasai jalannya permainan, namun memang belum bisa memaksimalkan peluang yang ada. Semoga kedepan dapat lebih baik lagi,” kata Sutanto Tan, dikutip dari laman Liga 1, Selasa (24/1/2023).

Masalah finishing touch ini juga diakui pelatih Persis, Leonardo Medina. “Pada laga kali ini, kita mampu mengendalikan pertandingan tapi kita tidak mampu mencetak gol. Sebenarnya kita bisa menguasai pertandingan dengan baik juga banyak melakukan serangan ke kotak penalti lawan. Ini yang masih menjadi kendala Persis,” kata Leonardo Medina.

Namun demikian, dia tetap memberikan apresiasinya kepada para pemain yang sudah berjuang di lapangan dan mencatat hasil positif di beberapa laga terakhir yang mampu mendongkrak posisi tim di klasemen.

“Kita memang masih belum mencetak banyak gol, tapi sudah cukup baik dalam improve permainan dan juga menguasai laga. Dalam 3 laga juga memang hanya bisa cetak 3 gol, tapi orang lupa bahwa dalam empat laga sebelumnya, kita juga belum mengalami kekalahan,” ucap mantan asisten pelatih Johor Darul Ta’zim itu.

Shares: