FeatureNews

Syakila si Hafiz Alquran, sejak dalam kandungan diperdengarkan bacaan quran

Syakila si Hafiz Alquran, sejak dalam kandungan diperdengarkan bacaan quran
Syakila Atthahirah

POPULARITAS.COM – Syakila Atthahirah adalah anak pasangan Herry Imaduddinsyah dan Putri Mizanna. Pada Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) ke-XII tingkat provinsi Aceh tahun 2023, santriwati Ma’had Daarut Tahfiz Al-Ikhlas Banda Aceh itu, torehkan prestasi gemilang sebagai Juara I Hifzil Quran atau cabang hafalan Alquran.

Santriwanti yang baru usia 12 tahun itu, sejak kecil memang telah terbiasa raih banyak prestasi. Masih di tahun yang sama, Ia juga juara 1 MTQ tahfiz tingkat kabupaten Bireuen. selain itu juga, Kak Killa karib nama dara itu disapa, pernah juara 3 lomba hafiz Alquran Juzz 30 antar taman pendidikan quran (TPQ).

Prestasi Kak Kila dalam bidang hafalan Alquran dan menjadi seorang hafiz, tak lepas dari didikan dan peran kedua orang tuanya. 

“Sejak kecil Killa sudah mulai belajar menghafal Alquran,” terang Putri Mizanna ibunda Syakilla Syakila Atthahirah.

Muhammad Iswanto surati Raja Salman, minta 3 ribu Alquran untuk Masjid di Aceh Besar
FOTO : ilustrasi Al-Qur’an. Foto: net

Ia mengungkapkan, sejak mengadung buah hatinya itu, dirinya selalu berdoa kepada Allah SWT, agar memberikan seorang anak yang kelak jadi hafiz Alquran. Untuk itu, dirinya kerap membaca alquran semasa kehamilan.

Tak jarang, tambahnya, dalam setiap kesempatan selama mengandung Kak Kila sembilan bulan, dirinya tak lepas memperdengarkan bacaan Alquran terhadap calon jabang bayinya itu. “Alhamdulillah, Allah SWT mendengarkan doa-doa saya,” ujarnya.

Putri Mizanna sendiri, sehari-hari berprofesi sebagai penyuluh agama Islam di Bireuen. Syakila merupakan putri pertamnya dari tiga bersaudara. Kak Kila lahir pada 32 Januari 2011 dan kini sudah menanjak usai 12 tahun.

Kemampuan Kila menghafal Alquran sudah terlihat sejak kecil, imbuhnya Putri. Dia menceritakan, pada usia tiga tahun, Syakila sudah mampu menghafal ayat-ayat pendek, ungkapnya.

Karna melihat kemampuan Syakila dan minat bakatnya menghafal Alquran, dirinya dan suami memutuskan memasukkan anaknya itu ke Ma’had Daarut Tahfiz Al-Ikhlas di Banda Aceh.

Empat bulan mengenyam pendidikan sebagai santriwati di tempat itu, Kak Kila berhasil selesaikan hafalannya Alqurannya 7 juzz. “Alhamdulillah, sebagai orang tua kami bersyukur pada Allah atas karunianya memberikan anak-anak penghafal Alquran,” imbuh Putri Mizanna.

Tips dari Killa untuk mudah menghafal Alquran

Sementara itu, Syakila Atthahirah menambahkan, agar diberikan kemudahan dan kepahaman Allah menghafal Alquran hendaknya setiap orang meluruskan niatnya. Sebab, sambungnya, niat harus benar-benar ditujukan untuk mencapai ridha Allah SWT.

Tentu, faktor lainnya adalah dukungan dan doa kedua orang tua, ini bagian yang juga harus kita dapatkan. Karna ridha Allah juga terletak pada ridha kedua orangtua kita, kata Kak Kila.

Ia juga mengungkapkan, motivasi yang diberikan kedua orang tuanya sejak kecil, telah menumbuhkan kecintaan dirinya pada Alquran. “Jadi dulu saat Kila kecil, mama sering cerita tentang keutamaan orang-orang penghafal Alquran,” ungkapnya.

Dalam setiap kesempatan bersama dengan Mama, sambung Kila lagi, dirinya kerap mendengar kisah-kisah serta keajaiban dari para penghafal Aquran. Nah, cerita-cerita itulah yang membuat dirinya termotivasi, katanya menerangkan.

Kila juga mengatakan, yang harus jadi catatan, untuk selalu berdoa kepada Allah agar diberikan kemudahan menghafal Alquran. Selain itu, harus rajin murajaah dan mengulang hafalan serta sering mendengar murattal.

Dia melanjutkan, semakin sering mengulangi satu ayat, maka akan lebih mudah ayat tersebut melekat di dalam ingatan kita. Jangan terburu-buru menambah hafalan, tanpa mengulang ayat sebelumnya berkali-kali. 

“Semoga kelak di syurga, Killa bisa memberikan mahkota kepada mama dan ayah”, harap Kila sambil memeluk mamanya.

Editor : Muhammad Fadhil

Shares: