News

Syarat untuk Mendapat Vaksin Moderna Bagi Masyarakat Umum di Banda Aceh

PT SBA dan Kodim 0101/BS vaksinasi covid-19 warga Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Masyarakat umum di Provinsi Aceh mulai menerima suntikan vaksin Covid-19 jenis Moderna. Vaksin itu hanya diperuntukkan untuk masyarakat yang belum pernah sama sekali menerima suntikan vaksin jenis Sinovac dosis 1 atau 2.

Dinas Kesehatan Aceh mencatat bahwa sejauh ini sudah tiga kabupaten/kota di Aceh menyediakan suntikan vaksin Moderna bagi masyarakat umum, yakni Banda Aceh, Lhokseumawe dan Langsa.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Lukman mengatakan pada awalnya sasaran vaksin Moderna untuk tenaga kesehatan (nakes) yang ditargetkan selesai Agustus 2021. Tetapi, Senin (23/8/2021), keluar regulasi yang membolehkan untuk masyarakat umum.

Baca: Vaksin Moderna Mulai Diberikan ke Masyarakat Umum di Aceh

“Untuk pemberian vaksin pertama di Banda Aceh kita utamakan untuk anggota dewan. Mudah-mudahan masyarakat juga menghadiri kegiatan vaksinasi yang dilakukan di puskesmas nanti,” katanya dalam keterangan, Rabu (25/8/2021).

Lukman menjelaskan, perlakuan suntik vaksin Moderna berbeda dengan Sinovac. Setiap vial untuk 14 dosis atau untuk 14 orang. Tidak seperti Sinovac yang bisa diberikan untuk satu orang dari satu vial.

Syarat untuk mendapatkan vaksin Moderna, kata Lukman, pertama sekali adalah belum pernah divaksin Sinovac. Berbeda dengan nakes, harus sudah divaksin Sinovac sebanyak dua kali. Sedangkan proses skriningnya sama dengan Sinovac.

“Kalau ada masyarakat yang ingin vaksin Moderna daftar saja dulu ke Puskesmas (sampai terkumpul 14 orang). Nanti kita jadwalkan (penyuntikannya). Tapi bagi masyarakat yang ingin Sinovac masih kita layani,” ungkapnya.

Untuk diketahui, saat ini progres vaksinasi Covid-19 di Banda Aceh sudah 54 persen. Angka tersebut yang tertinggi dari seluruh kabupaten/kota di Aceh.

Editor: dani

Shares: