News

Tahfidzul Quran Ar Rahman luncurkan program satu desa satu hafiz

LPQ Tahfidzul Quran Ar Rahman meresmikan Program 1 Desa 1 Hafidz yang merupakan program unggulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen dalam mendukung daerah itu sebagai kota santri.
Pimpinan LPQ Tahfidzul Quran Ar Rahman, Ustaz Khairul Azmi. (Ist)

POPULARITAS.COM – LPQ Tahfidzul Quran Ar Rahman meresmikan Program 1 Desa 1 Hafidz yang merupakan program unggulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen dalam mendukung daerah itu sebagai kota santri.

Peluncuran dilakukan langsung oleh Pimpinan LPQ Tahfidzul Quran Ar Rahman, Ustaz Khairul Azmi di LPQ setempat, Desa Lapang Barat, Kec. Gandapura, Kab. Bireuen, Senin (6/6/2022).

Dalam kesempatan itu, Khairul menyampaikan, Yayasan Raisul Fikri Aceh dalam tahun ini memberikan beasiswa tahfiz untuk sekitar 50 santri yang merupakan perwakilan dari 40 desa di kecamatan Gandapura, Bireuen.

Khairul melanjutkan, beasiswa tahfiz ini diberikan kepada mereka yang merupakan unsur dari santri kurang mampu, santri yatim piatu dan santri teladan serta berprestasi.

Ia menjelaskan bahwa program yang diluncurkan tersebut sejalan dengan terobosan yang dilakukan oleh Pemkab Bireuen berupa “Gerakan Satu Gampong Satu Hafidz Quran”.

Hal itu, terang Khairul, telah diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 49 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyusunan APBG 2022 dan tentang Peningkatan kualitas pelaksanaan Syariat Islam di Gampong.

Di Perbup tersebut, tambahnya, disebutkan bahwa pemerintah gampong dapat melakukan kegiatan berupa “Gerakan Satu Gampong Satu Hafidz Quran”.

Menurut Khairul, ini merupakan terobosan luar biasa yang harus didukung oleh berbagai pihak manapun, baik Pemkab Bireuen dan pemerintahan di tingkat gampong.

“Kita semua mengetahui bahwa Bireuen adalah kota santri, sudah wajar jika kita harus menciptakan lingkungan santri qurani dan faqih fi diin. Harapan besar kepada seluruh pejabat pemeritahan untuk membumikan gerakan mulia ini,” ujarnya.

Shares: