News

Tenaga Medis di Aceh Barat Sudah 8 Bulan Tak Dapat Dana Insentif

Aceh Tercatat Provinsi Tertinggi Kematian Covid-19
Rumah sakit karantina pasein corona di Aceh. ©2020 AFP PHOTO/CHAIDEER MAHYUDDIN

POPULARITAS.COM – Kalangan paramedis yang selama ini terlibat penanganan COVID-19 di Kabupaten Aceh Barat, hingga kini belum menerima dana insentif sejak pertama kali bertugas pada Januari 2020 lalu.

Padahal, pemerintah pusat sudah melakukan transfer dana bantuan operasional kesehatan (BOK) ke Aceh Barat selama dua tahap yakni Rp290 juta pada tahap pertama, dan pada tahap kedua sebesar Rp804 juta pada tahun 2020.

“Ada sekitar delapan bulan dana insentif yang belum disalurkan, terhitung sejak Januari hingga Agustus 2020,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah seperti dilansir laman Antara, Rabu (7/10/2020).

Ia menjelaskan, belum disalurkannya dana tersebut karena saat ini pihaknya sedang menyiapkan dokumen pencairan anggaran, termasuk bahan administrasi yang diperlukan agar penyalurannya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Syarifah Junaidah menjelaskan, dana yang diperuntukkan bagi tenaga medis yang selama ini terlibat di dalam pelayanan kesehatan dan penanganan COVID-19 di Kabupaten Aceh Barat tersebut sudah ditransfer ke daerah dari pemerintah pusat.

Ia merincikan, pada tahap pertama, dana tersebut diterima oleh pemerintah daerah sebesar Rp290 juta yang diperuntukkan bagi paramedis penanganan COVID-19 di Aceh Barat, termasuk tenaga surveylance dinas kesehatan.

Kemudian di tahap kedua, dana yang ditransfer pemerintah pusat ke daerah sebesar Rp 804 juta.

“Jadi, dana yang sudah ditransfer tersebut sekitar Rp1 miliar lebih, dan akan segera disalurkan,” kata Syarifah Junaidah.

Ia juga menyatakan bahwa dana yang sudah ditransfer tersebut merupakan dana bantuan operasional kesehatan (BOK) dari pemerintah dalam bentuk dana alokasi khusus non fisik.

Ia menjelaskan, penyaluran dana tersebut nantinya akan disalurkan ke sejumlah paramedis yang selama ini bertugas di setiap Puskesmas yang tersebar di seluruh Kabupaten Aceh Barat.

“Untuk pembagiannya nanti ada rumusnya,” kata Syarifah Junaidah tanpa menyebutkan perincian dana yang akan disalurkan ini.

Editor: dani

Shares: