News

Terinspirasi kebijakan Pj Bupati Aceh Besar, DPRK Banda Aceh minta PDAM gratiskan air bersih untuk masjid

Terinspirasi kebijakan Pj Bupati Aceh Besar, DPRK Banda Aceh minta PDAM gratiskan air bersih untuk masjid
Ketua DPR Kota Banda Aceh, Farid Nyak Umar | foto: dok. pribadi

POPULARITAS.COM – Kebijakan Pj Bupati Aceh Besar gratiskan pemakaian air PDAM sepanjang ramadhan 1444 hijriyah, mendorong parlemen kota Banda Aceh menyerukan hal serupa.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPR Kota Banda Aceh Farid Nyak Umar, di Banda Aceh, Jumat (24/3/2023). Politisi PKS itu juga meminta agar Perumdam Tirta Daroy milik Pemko untuk menggratiskan penggunaan air bersih kepada masjid, meunasah, dan mushola selama bulan suci ramadhan.

“Kami dari DPRK Banda Aceh minta agar PDAM Tirta Daroy menggratiskan pemakaian air selama ramadhan untuk seluruh masjid di kota ini,” katanya dikutip dari laman Antara.

Farid menyampaikan, pihaknya sudah melihat langsung pelayanan dari Perumdam Tirta Daroy terkait kesiapan dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

Saat ini, kata dia, persiapan instalasi pengolahan air bersih di sana sudah sangat baik, sehingga diharapkan benar-benar bisa memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat terutama sarana ibadah.

Selain itu, Farid juga meminta perusahaan segera menyikapi keluhan masyarakat soal air bersih ini terutama pada sarana fasilitas publik, hal ini penting mengingat air bersih merupakan kebutuhan yang sangat primer.

“Selama ini pelayanan Perumdam Tirta Daroy sudah baik dengan merespon cepat setiap keluhan masyarakat yang disampaikan, ini harus ditingkatkan lagi,” ujar Farid.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRK Banda Aceh Usman menegaskan pihaknya terus memberikan dukungan terhadap Perumdam Tirta Daroy agar bisa meningkatkan pelayanan kepada warga kota.

Terkait dengan kendala yang dihadapi oleh Perumdam Tirta Daroy seperti jaringan pemipaan dan instalasi yang merupakan jaringan peninggalan lama, ia mendorong agar dapat dilakukan peremajaan dengan menyiapkan perencanaan komprehensif.

“Kami meminta kepada Perumdam Tirta Daroy untuk mengkalkulasi berapa kebutuhan anggaran supaya PDAM bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” demikian Usman.

Terkait permintaan tersebut, Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq berjanji bakal menggratiskan tagihan air bersih untuk seluruh masjid, meunasah atau mushalla selama bulan suci Ramadhan ini.

“Saya sangat setuju, dan insya Allah dapat kita penuhi untuk tidak memungut iuran air bersih selama bulan Ramadhan untuk seluruh masjid hingga mushala di Banda Aceh,” katanya.

Tak hanya itu, dirinya juga sudah meminta Perumdam Tirta Daroy untuk menyiagakan mobil tangki air bersih guna menyokong kebutuhan di tempat ibadah

“Kebutuhan air bersih pasti akan lebih banyak dari hari biasa nya. Oleh sebab itu, kapan saja dibutuhkan, mobil tangki sudah kita siapkan untuk mendistribusikan air secara gratis ke masjid,” demikian Bakri Siddiq.

Shares: