NewsPolitik

Tiga TPS di Banda Aceh berpotensi pemungutan suara ulang

Ilustrasi, calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mencoblos di TPS 60, Jalan Lebak Bulus 2, Cilandak, Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (14/2/2024). (ANTARA/Fauzi Lamboka)

POPULARITAS.COM – Tim Sentra Gakkumdu Banda Aceh bersama pihak terkait lainnya masih menyelidiki terkait dugaan kecurangan pemilu yang terjadi di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kota itu.

Seperti diketahui, dugaan kecurangan itu terjadi di Gampong Keuramat, Kecamatan Kuta Alam, Gampong Surien, Kecamatan Meuraxa serta Gampong Teubaluy, Kecamatan Darul Kamal.

Atas hal itu, ketiga TPS disebut berpotensi untuk melakukan pemungutan suara ulang. Beberapa orang saksi juga sedang dimintai keterangan oleh petugas saat penyelidikan.

“Saat ini sedang ditangani, beberapa orang juga sudah dimintai keterangan, sedang diselidiki,” ujar Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli melalui Kasi Humas, Ipda Trisna Zunaidi, Senin (19/2/2024).

Selain menyelidiki dugaan kecurangan tersebut, kata dia, petugas kini juga sedang fokus dengan pengamanan rekapitulasi suara yang sedang berjalan di setiap kecamatan.

“Kemudian persiapan rekapitulasi di tingkat kabupaten dan provinsi, mengingat Polresta Banda Aceh merupakan polres penyangga ibukota provinsi Aceh,” jelasnya.

Mewakili pimpinan, Trisna juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat dan stakeholder terkait yang telah menjaga Pemilu 2024 sehingga berjalan dengan aman dan lancar.

Sebelumnya, seorang wanita berinisial NA nekat membawa masuk sepuluh surat suara yang telah dicoblos caleg tertentu ke TPS Gampong Keuramat.

Wanita itu diduga sebagai salah satu timses dari salah satu partai politik ternama di Banda Aceh. Belum diketahui pasti motif atas apa yang dilakukan dan asal surat suara yang dibawanya.

Selain itu di Gampong Surien, diduga seorang pemilih yang juga seorang caleg mencoblos lebih dari satu kali dengan waktu yang berbeda. Kasus ini pun masih ditangani lebih lanjut.

Shares: