NewsRamadan 1441 H

Tips Bangkitkan Mood agar Tak Malas WFH saat Puasa

Ilustrasi. (Foto: Flickr)

(popularitas.com) – Ramadhan tahun ini memang terasa berbeda. Masyarakat terpaksa menjalani ibadah puasa di tengah pandemi virus corona (COVID-19) yang belum diketahui secara pasti kapan akan berakhir.

Hal tersebut tentu menjadi tantangan tersendiri terutama bagi mereka yang harus berpuasa sembari melaksanakan kewajiban Work From Home (WFH).

Tidak perlu berkecil hati. Jika dilakukan dengan hati gembira, Anda masih tetap bisa fokus bekerja meski dalam kondisi menahan lapar dan hawa nafsu.

Ini rangkuman 5 tips ampuh membangkitkan suasana hati (mood) saat WFH di saat puasa. Berikut ulasannya.

Mandi pagi

Ingat Work From Home bukan berarti Anda boleh bermalas-malasan di rumah. Jadi lakukan aktivitas yang biasanya Anda lakukan saat harus ke kantor. Setelah bangun tidur, sebaiknya segera mandi agar tubuh terasa lebih segar.

Menurut beberapa penelitian, mandi setelah bangun tidur sangat ampuh membuat perasaan lebih semangat. Dengan demikian Anda memiliki mindset untuk bersemangat saat bekerja. Bila tidak terbiasa mandi pagi, coba mulai terapkan kebiasaan ini.

Sempatkan olahraga

Meski dalam kondisi berpuasa, tidak ada salahnya Anda melakukan olahraga kecil atau mini workout di rumah. Bisa dimulai dengan push-up, sit up, atau jogging ala-ala di atas treadmill. Penelitian telah membuktikan bahwa olahraga tak hanya membuat tubuh sehat, tetapi juga melepaskan hormon bahagia (dopamin) ke dalam otak.

Pakailah pakaian terbaik

Jangan sungkan memakai pakaian terbaik atau favorit Anda karena dapat membuat suasana hati menjadi lebih riang dan gembira. Selain itu, pilihlah pakaian atau busana yang nyaman disesuaikan dengan suhu di sekitar rumah. Buat para kaum hawa, tidak ada yang keberatan loh bila Anda ingin memoles wajah dengan makeup. Justru akan menjadi nilai tambah saat Anda harus melalukan teleconference dengan rekan kerja atau client.

Atur Tempat Kerja

Setiap orang mungkin bisa kuat dengan godaan apapun, namun tidak dengan godaan kasur. Apalagi buat mereka yang termasuk dalam kategori pelor alias nempel molor. Jadi, sebaiknya Anda menghindari kerja di kasur sekalipun punya folding table. Carilah spot ternyaman dan sebisa mungkin bekerjalah di meja. Biar tidak malas-malasan.

Jangan lupa istirahat!

Semangat boleh, tapi jangan lupa istirahat ya. Tentukan waktu istirahat untuk rehat sejenak dari tuntutan pekerjaan. Berhubung lagi puasa, Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat dengan cara tidur siang selama kurang lebih 15-20 menit. Cara ini sangat ampuh untuk memberikan tubuh energi tambahan, sehingga Anda masih bisa tetap fokus bekerja hingga menjelang momen berbuka puasa.

Sumber: Okezone

Shares: