News

Truk tambang terjebak banjir lahar dingin Semeru

Sebuah truk tambang batu terjebak banjir lahar dingin Semeru di Sungai Mujur, Desa Kloposawit, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Jumat (23/2/2024). (Beritasatu.com/Ahmad Rifqi Danwanus Khalwani)

POPULARITAS.COM – Sebuah truk tambang batu terjebak banjir lahar dingin Semeru di Sungai Mujur, Desa Kloposawit, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang Jawa Timur pada Jumat sore (23/2/2024). Banjir lahar merendam roda kendaraan dan sebagian badan truk tersebut.

Kejadian ini bermula saat sopir truk bernama Heru sedang menambang di sepadan Sungai Mujur. Tiba-tiba dari arah barat, banjir datang menerjang. Beruntung, sopir bisa menyelamatkan diri, tetapi kendaraan tambang yang dikemudikannya terjebak banjir.

“Pukul 15.00 WIB banjir belum datang. Saat itu sopirnya mau muat batu tiba-tiba datang (banjir), padahal di sini tidak hujan,” kata Firman, salah seorang warga, dikutip dari beritasatu.com, jaringan popularitas.com.

Proses evakuasi truk pun berjalan dramatis. Derasnya banjir lahar cukup menyulitkan warga untuk mengevakuasi badan truk.

Proses evakuasi berlangsung hingga malam dengan dibantu derekan mobil off road. Saat dievakuasi, material batu dan pasir dari banjir lahar cukup menyulitkan warga untuk menderek truk.

Setelah beberapa jam, truk akhirnya bisa dievakuasi meski terjadi beberapa kerusakan akibat terendam banjir lahar Semeru.

Shares: