News

Ukuran Ideal Akuarium Ikan Cupang agar Mereka Bahagia

Budidaya Ikan Cupang, Hobi Mendatangkan Pundi Rupiah
Ikan hias Cupang bisa mendatangkan pundi rupiah.

Ukuran ideal akuarium untuk ikan cupang adalah yang melebar, bukan akuarium berbentuk vertikal atau memanjang ke atas.

Ikan cupang harus naik ke permukaan akuarium untuk bernapas, jika akuarium Anda terlalu dalam maka ikan cupang akan kesulitan mencapai permukaan.

Meskipun kemungkinan ikan cupang mati karena hal tersebut terbilang rendah, namun hal tersebut dapat membuat ikan cupang menjadi stres.
Untuk diingat, hindari membeli akuarium dengan kapasitas air di bawah 20 liter, akuarium kecil hanya menyiksa ikan cupang Anda.

Akuarium kecil juga lebih cepat kotor dibanding akuarium besar. Akuarium besar juga lebih mudah perawatannya ketimbang akuarium kecil.

Jika bingung seberapa besar akuarium dengan kapasitas 20 liter. Belilah akuarium dengan minimal panjang 50 cm. Lebih dari 50 cm tentu lebih baik, namun akan memakan tempat dalam ruangan, kecuali ruangan rumah Anda cukup luas.

Akuarium besar lebih tahan oleh perubahan suhu sehingga tidak cepat membuat ikan cupang menjadi stres. Selain itu, akuarium besar tidak membuat ikan cupang menjadi agresif sehingga Anda bisa menambahkan banyak hewan lainnya selain ikan ke dalam akuarium.

Ikan cupang sulit mencapai pertumbuhan maksimal dalam akuarium kecil. Pada akuarium besar, potensi ikan cupang untuk tumbuh maksimal 7 cm lebih besar. Ikan cupang sendiri umumnya tidak akan tumbuh lebih dari 7 cm.

Kunci utama ukuran ideal akuarium untuk ikan cupang, semakin banyak akuarium mampu menampung air semakin sehat dan bahagia ikan cupang Anda. Permukaan adalah tempat oksigen masuk ke dalam akuarium dan tempat karbondioksida dilepaskan dari akuarium.

Sumber: CNN

Shares: