News

Ulama Kharismatik Aceh Abu Paloh Gadeng Tutup Usia

Tgk H Mustafa bin Abi Ahmad atau akrab disapa Abu Paloh Gadeng. (ist)

Aceh kembali berduka, ulama kharismatik Tgk H Mustafa bin Abi Ahmad atau akrab disapa Abu Paloh Gadeng tutup usia. Ia sempat dirawat di Rumah Sakit Zainal Abidin Banda Aceh, Rabu (16/12/2020) sekitar pukul 10.00 WIB.

Tidak hanya itu, kabar duka ini juga ramai ucapan duka oleh warganet khususnya masyarakat Aceh.

Camat Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Nawafil Mahyudha saat dikonfirmasi menyebutkan, Pimpinan Dayah Madinatuddiniyah Daruh Huda Gampong Paloh Gadeng, Kecamatan Dewantara itu dikabarkan sebelumnya sedang menjalani pengobatan intensif, karena penyakit diabetes yang dideritanya.

“Saat ini jenazah Abu dalam perjalanan dari Banda Aceh ke dayah, kami disini sedang mempersiapkan segala hal untuk menyambut jenazah,” katanya Nawafil Mahyudha.

Menurut Nawafil, sebelumnya Abu sempat dirujuk dari Rumah Sakit Kesrem Lhokseumawe ke Banda Aceh pada Selasa malam (15/12/2020) sekitar pukul 23.00 WIB.

Namun karena kondisi kritis dan tidak sadarkan diri. Tiba di RSUZA, rombongan Abu diterima oleh  anggota DPRA Syamsuddin dan F Rozi.

“Dalam beberapa bulan ini Abu memang keluar masuk Rumah Sakit Kesrem, sejak menjalani operasi luka di kaki. Semalam kondisinya sudah parah sehingga harus dirujuk,” jelasnya.

Almarhum akan dimakamkan di dayah pada sore nanti. Saat ini para pelayat terus berdatangan di Dayah Paloh Gadeng.

“Saya mewakili masyarakat Dewantara sangat berduka atas kejadian ini. Innalillahi wainna Ilaihi rajiuan, semoga Allah tempatkan beliau  ditempat paling mulia disisi-Nya,” ucapnya.

Editor: dani

Shares: