KesehatanNews

Virus Zika terdeteksi di India

Ilustrasi, virus Zika. (alodokter)

POPULARITAS.COM – Otoritas wilayah Kerala, India Selatan telah mengeluarkan peringatan di seluruh negara bagian setelah mendeteksi 14 kasus virus Zika.

Dilansir dari AFP, di antara pasien ada seorang wanita hamil berusia 24 tahun yang sedang menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di ibu kota negara bagian Thiruvananthapuram.

Wanita hamil sangat rentan dan dapat menularkan penyakit yang dibawa nyamuk kepada bayi mereka yang baru lahir yang dapat mengakibatkan kondisi yang mengubah hidup seperti sindrom Guillain-Barre, penyakit auto-imun yang langka.

Menteri Kesehatan Negara Bagian Kerala Veena George mengungkap pasien tersebut dinyatakan positif pada Kamis. Sementara itu, 13 kasus lagi dikonfirmasi pada Jumat. “Semuanya adalah petugas kesehatan dan saat ini masih dalam perawatan medis, tetapi stabil,” katanya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengungkap Virus Zika sebagian besar menyebar melalui gigitan nyamuk Aedes tetapi juga dapat ditularkan secara seksual.

Virus ini pertama kali ditemukan pada monyet di hutan Zika Uganda pada 1947 dan telah menyebabkan beberapa wabah di seluruh dunia dalam beberapa dekade terakhir. Tidak ada vaksin atau obat anti virus yang tersedia sebagai pencegahan atau pengobatan. Gejala termasuk demam, ruam kulit, konjungtivitis dan nyeri otot dan sendi, tetapi kematian jarang terjadi.

Pejabat India mengatakan wanita hamil yang terinfeksi telah menunjukkan gejala termasuk demam, sakit kepala dan ruam sebelum dirawat di rumah sakit, di mana dia dengan selamat melahirkan bayinya pada Rabu.

Sementara bayi yang baru lahir telah dites dan hasilnya negatif. Pejabat kesehatan telah ditugaskan ke daerah tersebut untuk memantau kasus lebih lanjut sementara tim pengendalian infeksi menyemprotkan bahan kimia untuk menghentikan perkembangbiakan nyamuk.

India juga sempat dilanda wabah Zika pada 2017 dan 2018, dengan ratusan kasus dilaporkan di Gujarat barat dan Rajasthan serta negara bagian Madhya Pradesh tengah. Namun, ini menjadi kasus pertama di Kerala.

India juga sempat dilanda wabah Zika pada 2017 dan 2018, dengan ratusan kasus dilaporkan di Gujarat barat dan Rajasthan serta negara bagian Madhya Pradesh tengah.

Namun, ini menjadi kasus pertama di Kerala. Kerala saat ini sedang berjuang melawan lonjakan kasus Covid-19, dengan lebih dari 13.000 infeksi. Kerala menjadi negara bagia dengan jumlah kasus corona terbanyak di India.

Sumber: CNN

Shares: