FeatureNews

Wabup Pidie Jaya raih penghargaan di HPN 2023

Wakil Bupati Pidie Jaya Said Mulyadi, raih penghargaan saat perayaan puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2023, di Medan Sumatera Utara. Sosok orang nomor dua di kabupaten itu, dinilai sebagai tokoh yang pedulu wartawan oleh Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).
Wabup Pidie Jaya raih penghargaan di HPN 2023
Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari, saat memberikan penghargaan kepada Wakil Bupati Pidie Jaya Said Mulyadi. Penghargaan itu diberikan kepada sosok wakil Bupati Pidie Jaya itu sebagai tokoh peduli wartawan, yang diberikan saat puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/2/2023). FOTO : Humas Pidie Jaya

POPULARITAS.COM – Wakil Bupati Pidie Jaya Said Mulyadi, raih penghargaan saat perayaan puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2023, di Medan Sumatera Utara. Sosok orang nomor dua di kabupaten itu, dinilai sebagai tokoh yang pedulu wartawan oleh Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Penghargaan sebagai Tokoh Peduli Wartawan itu, diterima Said Mulyadi, yang diserahkan secara langsung oleh Ketua PWI Pusat Atal S Depari, dalam sebuah acara yang dilangsungkan di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, Rabu (8/2/2023).

Selain Bupati Pidie Jaya, sejumlah tokoh lain juga mendapatkan penghargaan serupa, yakni, Pangdam I Bukit Barisan, Kapolda Sumut, Pj Bupati Bener Meriah, Pj Bupati Aceh Jaya, Ketua DPRK Aceh Jaya, dan Gubernur Jawa Barat.

Dalam penjelasannya, Atal S Depari menerangkanm penghargaan yang diterima oleh para tokoh dan pimpinan di daerah itu, merupakan usulan dari pengurus di tingkat kabupaten dan provinsi. Pertimbangan itu tentu didasarkan pada rekam jejak, ketokohan, dan juga kontribusi yang diberikan bagi pengembangan organisasi PWI, dan juga kapasitas dan profesionalitas wartawan.

Beberapa tokoh yang diberikan penghargaan itu, telah memberikan sumbangsih nyata bagi penguatan kapasitas organisasi PWI, yakni dengan menghibahkan pertapakan tanah, hingga membangun kantor bagi organisasi persatuan wartawan Indonesia, di masing-masing daerah.

Said Mulyadi, dan peran sertanya mengembangkan PWI di Pidie dan Pidie Jaya

Waled, karib Said Mulyadi dikenal luas kalangan wartawan, merupakan sosok yang ramah, dan dekat dengan kalangan pers. dalam kurun waktu 20 tahun pengabdiannya dalam karir sebagai ASN, dan juga Wakil Bupati Pidie Jaya, Ia telah berperan besar dalam memperkuat kapasitas keorganisasian PWI.

Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi, dan sejumlah tokoh lainnya, saat raih penghargaan sebagai tokoh peduli wartawan dari PWI Pusat pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/2/2023). FOTO : Humas Pidie Jaya

Terbentuknya kepengurusan PWI di Kabupaten Pidie era tahun 2000, tak terlepas dari peran Said Mulyadi. Saat ini, yang bersangkutan merupakan Kepala bagian Umum, Perlengkapan dan Humas di Sekretariat Daerah (Setdakab) Pidie.

Selanjutnya, usai terbentuknya kepengurusan PWI di Pidie, Waled yang saat itu masih mejabat sebagai ASN di pemerintah daerah setempat, menginisiasi pembangunan kantor organisasi itu pada 2003. 

Tiga tahun setelahnya, dengan kordinasi dan komunikasi dengan Ketua PWI Aceh saat itu, Tarmilin Usman, pada 2006, tahapan pembangunan kantor PWI Pidie dimulai, dan diresmikan saat Said Mulyadi jabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Pidie. Kini PWI di daerah itu telah miliki kantor permanen di Jalan Lingkar Blang Paseh, Kota Sigli.

Kontribusi terhadap PWI Pidie Jaya.

Kemudian tahun 2014, Said Mulyadi dipinang oleh Partai Aceh untuk mendampingi Aiyub Abbas sebagai calon Wakil Bupati. Keduanya kemudian memenangi Pilkada dengan resmi menjadi bupati dan wakil Bupati Pijay

Sekira tahun 2019 para wartawan di Pidie Jaya melakukan diskusi dengan Said Mulyadi ihwal rencana pembentukan kepengurusan PWI di daerah tersebut.

Waled pun menyambut baik dan sangat mendukung upaya wartawan melahirkan PWI di wilayah Pidie Jaya itu.

Waled yang berkoordinasi dengan Bupati Pijay, Aiyub Abbas menunjuk Kabag Humas Sekdakab Pidie Jaya, Fakhri untuk berkoordinasi dengan panitia pembentukan PWI Kabupaten Pidie Jaya, dan memerintahkannya melaporkan secara berkala persiapan pembentukan dan pelantikannya.

Kepengurusan PWI Pidie Jaya resmi terbentuk pada Februari 2020. Peresmian dan pelantikan struktur pengurus dengan Ketua Ikhsan Wartawan Rakyat Aceh dilakukan di oproom kantor Bupati setempat.

Setelah pengurus PWI Pijay terbentuk, Waled juga membantu penyediaan sekretariat untuk PWI setempat pada tahun 2020.

Atas kepedulian dan sumbangsihnya terhadap penguatan organisasi watawan tertua di Indonesia, PWI Pusat Atal S Depari pun menganugerahi predikat terhadap Said Mulyadi sebagai tokoh peduli PWI.

Usai acara tersebut, Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi kepada wartawan  mengatakan, sangat berterima kasih kepada semua PWI, terkhusus kepada PWI Pidie Jaya. Waled berharap karya-karya insan pers Indonesia terus dapat menyajikan berita-berita terpercaya, akurat, beredukasi yang dapat mencerdaskan masyarakat. 

Harapannya, PWI dan para wartawan yang tergabung dalam organisasi itu, terus memberikan sumbangsih terbaiknya untuk pembangunan daerah, dengan mewartakan ragam informasi yang positif bagi masyarakat. Terakhir, pungkasnya, saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 2023, demikian Said Mulyadi. (***)

Shares: