News

Waled: RSUD Pidie Jaya telah miliki berbagai fasilitas kesehatan

RSUD Pidie Jaya. Foto: popularitas.com

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya terus melengkapi berbagai fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat.

Tidak hanya sektor pembangunan yang menjadi fokus utama, alat-alat kesehatan juga telah disediakan di RSUD tersebut.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Pidie Jaya Said Mulyadi mengatakan, peningkatan sarana dan prasarana RSUD tersebut semata-mata untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat.

“Kita menginginkan masyarakat dapat mendapat pelayanan kesehatan terbaik di RS kita ini. Sehingga ke depannya tidak perlu lagi dirujuk ke RS lain,” kata Plt Bupati Pidie Jaya Said Mulyadi, Kamis (16/11/2023).

Kata pria yang akrab disapa Waled itu, status Rumah Sakit tersebut kini telah berstatus tipe B dengan akreditasi yang telah mencapai penilaian paripurna.

Sementara itu Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pidie Jaya, dr. Fajriman mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir, selain peningkatan bangunan berbagai alat-alat kesehatan juga telah dimiliki.

Seperti halnya alat kesehatan berupa CT Scan yang berfungsi untuk melihat jaringan dan struktur di dalam tubuh dari berbagai sudut.

“RS Pidie Jaya juga sudah memiliki alat Hemodialisis dan CRRT (Continuous Renal Replacement Therapy),” kata Fajriman.

Dijelaskan, CRRT itu sendiri merupakan alat kesehatan yang berfungsi sebagai modalitas terapi untuk menggantikan fungsi ginjal.

Dikatakan, RSUD Pidie Jaya juga telah memiliki sejumlah dokter spesialis, baik itu bedah sarah, dokter anak, anistesa, jantung maupun kanker dan lainnya.

Kemudian Rumah Sakit tersebut juga telah memiliki fasilitas kesehatan Ortopedi dan Urologi.

“Untuk Ortopedi dan Urologi yang belum ada hanya dokter spesialis bagian itu, kalau Fasilitasnya sudah lengkap,” jelasnya.

Kendati demikian dokter spesialis ortopedi tersebut dapat dipastikan akan segera dimiliki oleh RSUD Pidie Jaya.

“Dokter ortopedi tahun depan sudah ada, karena sudah menyelesaikan studinya dan akan kembali sebagai dokter spesialis RSUD Pidie Jaya,” ungkapnya.

“Saat ini kita sedang melakukan persiapan untuk dapat menjadikan RSUD Pidie Jaya sebagai rumah sakit pendidikan melalui pogram Academic Healt Sistem,” tambahnya.

Meningkatnya berbagai fasilitas RSUD baik sektor pembangunan maupun alat-alat kesehatan tidak terlepas peran aktif Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya.

“Selama ini dukungan Bupati Aiyub Abbas (kini telah purna tugas sebagai Bupati) dan Waled (Said Mulyadi, kini telah menjadi Plt Bupati) terhadao RSUD Pidie Jaya sangatlah besar,” bebernya.

Shares: