News

Warga Aceh ABK KM Alam Bahari yang hilang di NTT ditemukan meninggal dunia

Warga Aceh ABK KM Alam Bahari yang hilang di NTT ditemukan meninggal dunia
Evakuasi jenazah ABK yang sebelumnya hilang di Perairan Ndodo Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (17/3/2024). FOTO : Basarnas Maumere

POPULARITAS.COM – Syafrizal (27), warga Aceh Timur yang bekerja sebagai ABK KM Alam Bahari, akhirnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di Perairan Ndodo, Ende, Nusa Tenggara Timur.

Kepala Basarnas Maumere, Supriyanto Ridwan dalam keterangannya, Minggu (17/3/2024) mengatakan, Syafrizal ditemukan tersangkut dijaring kapal.

Dia menjelaskan Tim SAR Gabungan tiba di Perairan Ndodo Ende dan melakukan pencarian terhadap korban pada pukul 12.15 WITA. Dalam upaya pencarian, lanjut dia, petugas Siaga Basarnas Maumere menerima informasi dari kapten kapal bahwa korban ditemukan di jaring kapal KM Alam Bahari.

“Tim SAR Gabungan langsung menuju kapal KM Alam Bahari untuk melakukan evakuasi,” katanya dikutip dari laman Antara.

Setelah tiba di lokasi penemuan korban, kru kapal telah mengevakuasi korban dalam kondisi meninggal dunia. “Korban dievakuasi dari kapal KM Alam Bahari ke Rigid Inflatable Boat (RIB) Basarnas Maumere dan dibawa ke RSUD TC Hillers Maumere,” katanya.

Sebelumnya pada Minggu pukul 05.00 WITA korban memasang jaring ikan di sekitar kapal dengan cuaca angin dan gelombang sekitar 1-1,5 meter. Setelah selesai memasang jaring, korban mengecek ke bawah air ikan-ikan yang telah berada di dalam jaring bersama Kepala Kamar Mesin (KKM) Kapal.

Setelah mengecek KKM Kapal naik lebih dulu ke kapal sementara korban masih berpegangan pada pelampung jaring. Hingga pukul 05.40 WITA seluruh awak kapal masih melihat korban berada di pelampung jaring hingga Pukul 06.00 WITA. Selanjutnya kapten kapal menanyakan keberadaan korban, namun ketika dicek korban sudah tidak berada di pelampung jaring tersebut maupun di bawah jaring kapal.

Shares: