HeadlineNews

Warga di Dataran Tinggi Aceh Diminta Waspadai Longsor

Pemudik di Aceh waspada titik rawan bencana, berikut lokasinya
Arsip Foto - Alat berat membersihkan material longsor jalan lintas Kecamatan Celala, Kabupaten Aceh Tengah, Rabu (13/11/2019). ANTARA/HO-Aspri

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan kepada warga Aceh, khususnya yang menetap di dataran tinggi agar mewaspadai hujat lebat yang mengakibatkan longsor.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Zakaria mengatakan, apabila dilihat dinamika atmosfer di Aceh, sejumlah daerah di Tanah Rencong masih berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Adapun wilayah-wilayah yang berpotensi hujan lebat dalam dua hari ke depan adalah Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh Singkil, Aceh Selatan, Aceh Tamiang, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Aceh Timur, Gayo Lues, Nagan Raya, Langsa, Lhokseumawe, Pidie, Sabang, Subulussalam dan Pidie Jaya.

“Kita dapat kita lihat bahwa masih terjadi belokan angin di Provinsi Aceh, kemudian juga anomali cuaca, artinya anomali suhu muka laut itu plus 1 sampai dengan plus 3 derajat celcius. Ini menandakan bahwa akan ada potensi peningkatan uap air dari laut,” kata Zakaria, Sabtu (19/9/2020).

Menurut Zakaria, peningkatan uap air laut menunjukkan bahwa di sekeliling Aceh, perairannya masih hangat. Hal ini berpotensi besar akan terjadi penguapan yang berpengaruh ke daratan Aceh, sehingga dapat terjadi hujan sedang hingga lebat.

“Makanya warga harus selalu waspada akibat cuaca ini,” imbau Zakaria.

Disebutkan Zakaria, khusus dataran tinggi seperti Aceh Tenggara, maka warga di daerah tersebut harus selalu waspada terhadap longsor. Selain itu, warga juga harus waspada terjadinya petir.

“Untuk daerah-daerah pegunungan supaya hati-hati longsor, banjir bandang seperti Aceh Tenggara sendiri, itu di samping hujan lebat, juga perlu diwaspadi kalau Aceh Tenggara itu berpotensi terjadi petir,” ungkap Zakaria. []

Reporter: Muhammad Fadhil
Editor: Acal

Shares: