News

Warga Simeulue diminta waspada cuaca ekstrem

Warga Simeulue diminta waspada cuaca ekstrem
Warga Simeulue diminta waspada cuaca ekstrem
Ilustrasi cuaca buruk, foto: shutterstock

POPULARITAS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simeulue mengimbau warga07yyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy di kabupaten kepulauan itu mewaspadai cuaca ekstrem, seperti hujan lebat disertai angin kencang.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Simeulue Zulfadli mengatakan hujan lebat disertai angin kencang berpotensi melanda kabupaten kepulauan tersebut hingga beberapa hari ke depan.

“Informasi dari BMKG, potensi hujan lebat disertai angin kencang terjadi di wilayah Kabupaten Simeulue. Cuaca ekstrem ini berpotensi menyebabkan terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor, angin tumbang, dan lainnya,” kata Zulfadli, dikutip dari laman Antara, Selasa (7/2/2023).

Untuk itu, kata Zulfadli, pihaknya mengimbau dan mengingatkan masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana serta pesisir pantai dan pegunungan di Kabupaten Simeulue agar meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

“Selain itu jika terjadi bencana, segera melaporkan kepada pihak terkait untuk segera ditindaklanjuti. Kami juga meminta masyarakat untuk terus memantau kondisi cuaca setiap saat,” kata Zulfadli.

Kepada nelayan, untuk sementara waktu diminta tidak melaut. Sebabnya, cuaca perairan Samudra Hindia yang saat ini tidak menentu dan sedang gelombang tinggi.

Kalau pun tetap melaut, dilakukan di pinggiran serta dekat dengan tempat berlindung karena mudah dijangkau apabila sewaktu-waktu terjadi angin kencang dan gelombang tinggi.

“Kalau melaut agar dekat dengan daratan. Kemudian, lengkapi diri dengan alat komunikasi dan juga keamanan lainnya. Segera menghindar jika melihat potensi cuaca buruk,” ujar Zulfadli.

Shares: