News

Wartawan di India Dibunuh Geng Narkoba

Ilustrasi.

Seorang wartawan di distrik Kancheepuram, Tamil Nadu, India, dibacok sampai tewas pada Minggu, 8 November 2020. Dugaan sementara, sebuah geng pengedar narkoba curiga wartawan tersebut sudah melaporkan soal mereka ke otoritas.

Empat laki-laki saat ini sudah ditahan, yang diduga ada sangkut-pautnya dengan pembunuhan tersebut.

Wartawan malang itu diketahui bernama Isravel Moses, 27 tahun. Pada minggu malam, 8 November 2020, dia keluar dari rumahnya dan yang terjadi kemudian, dia mengalami serangan kekerasan sampai meninggal. Keluarga Moses awalnya berfikir para penyerang itu adalah teman-temannya.

Para pelaku penyerangan terhadap Moses diduga bagian dari geng yang terlibat dalam penjualan lahan yang dirambah dan dijual ke jaringan pengedar narkoba lokal.

“Moses belum menuliskan berita apapun soal ini,” kata seorang aparat kepolisian.

Ayah moses, Gnanaraj menyalahkan aparat kepolisian setempat karena dianggap tidak melakukan tindakan apapun terhadap komplain putranya kalau hidupnya dalam bahaya.

Wartawan senior Bharathi Tamizhan juga mengkritik kepolisian atas tuduhan tidak berbuat apa-apa. Tamizhan mengatakan Moses sudah menerima ancaman pembunuhan setelah dia melaporkan adanya sejumlah aktivitas sosial, termasuk penjualan ganja di bawah batas wilayah kantor kepolisian Somangalam.

“Kematiannya terjadi di tengah-tengah kelambanan polisi. Pembunuhan ini adalah sebuah berita yang menyoroti kurangnya keamanan bagi wartawan di Tamil Nadu,” kata Tamizhan.

Sumber: tempo

Shares: