KesehatanNews

WHO Belum Pastikan Ilmuan Mampu Ciptakan Vaksin Corona

WHO Belum Pastikan Ilmuan Mampu Ciptakan Vaksin Corona
Direktur WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. ©2020 REUTERS/Denis Balibouse

JAKARTA (popularitas.com) – Dirjen Badan Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan belum bisa memastikan apakah para ilmuwan mampu menciptakan vaksin untuk melawan virus corona yang menyebabkan pandemi Covid-19 dalam waktu dekat. Diperkirakan butuh waktu satu tahun sebelum satu vaksin dikembangkan.

Berbicara melalui konferensi video kepada para wakilnya dari Komite Kesehatan Parlemen Eropa, Ghebreyesus mengatakan jika nanti vaksin bisa berhasil ditemukan, harus bisa tersedia untuk semua kalangan masyarakat.

“Akan sangat sulit mengatakan dengan pasti kita akan memiliki vaksin,” ujarnya, seperti dilansir dari Reuters, Jumat (26/6/2020) dikutip dari merdeka.com.

“Kita belum pernah punya vaksin untuk virus corona. Jadi begini, ketika berhasil ditemukan, berharap akan ditemukan, itu akan menjadi yang pertama,” lanjutnya.

Ghebreyesus mengatakan, WHO memiliki lebih dari 100 kandidat vaksin, yang mana salah satunya sedang dalam pengembangan tingkat lanjut.

“Berharap bahwa akan ada vaksin, perkiraannya adalah kita mungkin memiliki vaksin dalam satu tahun. Jika dipercepat, bisa jadi bahkan kurang dari setahun, tetapi dalam beberapa bulan. Itulah yang dikatakan para ilmuwan,” pungkasnya.[acl]

Shares: