News

Wilayah Barat Selatan Aceh akan dilanda hujan lebat dan angin kencang selama sepekan, BMKG minta warga waspada

Wilayah Barat Selatan Aceh akan dilanda hujan lebat dan angin kencang selama sepekan, BMKG minta warga waspada
Ilustrasi. Tangkapan layar kondisi cuaca di Indonesia. FOTO : BMKG

POPULARITAS.COM – Wilayah Barat dan Selatan Aceh, diprakirakan akan terjadi hujan lebat dan angin kencang selama sepakan. Informasi tersebut disampaikan oleh Prakirawan Stasiun BMKG Meulaboh-Nagan Raya, Gilang Yusuf Ardiansyah dalam keterangannya, Selasa 95/3/2024).

Dia menjelaskan, terjadinya potensi hujan lebat disertai petir tersebut, karna adanya tekanan rendah di laut barat Aceh yang sebabkan pola siklonik yang disertai penumpullan massa udara.

Nah, akibat dari penumpukan massa udara itu, berpengaruh terhadap cuaca di wilayah barat Selatan Aceh, yakni adanya hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang.

“Ada pola siklonik dan penumpukkan massa Udara di wilayah laut barat Aceh,” terangnya dikutip dari laman Antara.

Dia menyebutkan kondisi ini akan berlangsung hingga pola siklonik tersebut hilang dengan rentang waktu sekitar tiga hingga tujuh hari ke depan.

Adapun potensi hujan dengan intensitas tinggi yaitu hujan lebat yang disertai petir atau pun angin kencang, sehingga dikhawatirkan dapat menyebabkan bencana alam seperti, banjir, longsor, atau tumbangnya pohon.

Akibat kondisi ini, juga dapat mengakibatkan aktivitas masyarakat terganggu karena hujan lebat dapat menyebabkan bencana alam dan menghambat mobilitas masyarakat.

BMKG mengimbau kepada masyarakat di wilayah pantai barat selatan Aceh, agar senantiasa waspada ketika terjadi hujan lebat dan angin kencang, karena kondisi ini sangat berbahaya.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan tetap berada di tempat aman termasuk di rumah ketika terjadi hujan lebat, untuk menghindari bencana dan bahaya yang ditimbulkan oleh potensi hujan lebat yang diprakirakan akan terjadi selama sepekan ke depan, demikian Gilang Yusuf Ardiansyah.

Shares: