News

Zodia, Tanaman Asli Papua yang Ampuh Mengusir Nyamuk

Zodia, Tanaman Asli Papua yang Ampuh Mengusir Nyamuk
Tanaman hultikultura Zodia asal papua ampuh untuk mengusir nyamuk. Foto beritapapua

– Beberapa jenis tanaman hortikultura memang dikenal ampuh mengusir nyamuk seperti Lavender, Geranium, Sereh dan Citronella. Namun ada satu tanaman yang juga jarang dilirik yaitu zodia.

Tanaman zodia (Evodia suaveolens) tergolong suku jeruk-jerukan (Rutacea) yang merupakan tanaman endemik asli Indonesia yang tumbuh subur di Papua. Zodia pertama kali ditemukan di pedalaman Memberamo dan biasanya digunakan masyarakat setempat untuk menghalau nyamuk dengan menggosokannya pada kulit.

Secara morfologis, pohon Zodia berbentuk pipih memanjang agak lentur dengan warna kuning kehijauan. Tingginya mencapai 50-200 cm dengan panjang daun berkisar antara 2-30 cm. Zodia bisa mencapai pertumbuhan maksimal hingga 2 meter jika ditanam pada area bebas terbuka, dan mampu hidup pada ketinggian 400-2000 meter di atas permukaan laut.

Biasanya Zodia ditanam dalam pot dan bisa diletakan dalam ruangan atau sudut jendela yang masih terkena sinar matahari. Untuk memperbanyak tanaman zodia juga cukup mudah yaitu melalui biji zodia atau stek ranting.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan BALITRO (Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat), zodia mengandung senyawa Evodiamine dan Rutaecarpine di mana minyak yang disuling dari tanaman ini mengandung linalool hingga 46 persen dan a-pinene sebanyak 13,26 persen yang sangat ampuh mengusir nyamuk.

Dalam beberapa literatur juga ditemukan bahwa kandungan senyawa pada daun zodia juga bermanfaat sebagai anti kanker. Tak hanya itu, tanaman zodia juga bisa dijadikan obat pereda demam malaria dan tonik sebagai penambah stamina.

Bagaimana tanaman ini bekerja mengusir nyamuk selain dari menggosokan daunnya pada kulit? Zodia ternyata akan mengeluarkan aroma yang khas saat daunnya saling bergesekan tertiup angin. Dan bau tersebut sangat tidak disukai oleh nyamuk.

Selain sebagai tanaman pengusir nyamuk, zodia di beberapa daerah seperti Sentani Papua digunakan sebagai obat penghilang bau badan. Biasanya daun zodia dioleskan pada tubuh sebelum menghadiri pesta atau atau acara tertentu. Daun dan bunga zodia juga dirangkai dengan tali kemudian dipakai seperti kalung sebagai pewangi sekaligus pengusir nyamuk saat pesta digelar.[SariAgri]

Shares: