News

1.138 gempa guncang Aceh sepanjang 2022

Gempa susulan M5,2 guncang wilayah Laut Banda
Ilustrasi gempa, Foto; detik.com

POPULARITAS.COM – Sepanjang tahun 2022, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sebanyak 1.138 gempa bumi guncang wilayah Aceh dengan berbagai kekuatan (Magnitudo) dan kedalaman.

Kepala BMKG Aceh, Stasiun Geofisika Aceh Besar, Andi Azhar Rusdin dalam keterangannya, Senin (2/1/2023) menyampaikan, dari jumlah itu, gempa bumi berkekuatan kurang dari lima magnitudo mendominasi sepanjang 2022.

“Di mana terdapat 783 gempa bumi dengan kekuatan magnitudo kurang dari 3 dan 345 gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 3 sampai dengan Magnitudo kurang dari 5,” ujar Andi.

Sementara, gempa bumi dengan kekuatan magnitudo lebih besar sama dengan 5 tercatat sebanyak 10 kejadian di mana Magnitudo terbesar berkisar 6,4 M yang terjadi di laut sebelah barat Aceh pada tanggal 24 September 2022 lalu.

Dikatakannya, untuk kedalaman setiap gempa bumi yang terjadi di Aceh didominasi dengan gempa bumi dangkal dengan kedalaman kurang dari 60 kilometer sebanyak 1038 kejadian.

“Sedangkan kejadian gempa bumi dengan kedalaman menengah dimana kedalaman 60 hingga kurang dari 300 kilometer sebanyak 100 kejadian dan tidak ada kejadian gempabumi yang terjadi pada kedalaman dalam dengan kedalaman lebih dari 300 kilometer,” kata Andi.

Kata Andi, wilayah dengan tingkat keaktifan gempa bumi (seismisitas) tinggi terlihat di wilayah Kabupaten Pidie.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, bersikap tenang, tidak panik dan tidak terpancing oleh informasi-informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Peningkatan kapasitas masyarakat sangat diperlukan untuk menghadapi ancaman bahaya gempa bumi,” imbuhnya.

Shares: