News

10 Hektare Lahan Di Aceh Jaya Terbakar

Kebakaran lahan di Aceh Jaya. (Ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kebakaran hutan kembali terjadi di Aceh. Kali ini, kebakaran melanda hutan di kawasan Desa Lhok Kruet, Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya pada Selasa, 28 Januari 2020 sekitar pukul 15.30 WIB.

Staf Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Haslinda Juwita menyebutkan, ada sekitar 10 hektare (ha) lahan yang terbakar. Hingga pukul 20.00 WIB proses pemadaman masih terus dilakukan oleh petugas.

Belum diketahui pasti apa penyebab terbakarnya hutan tersebut. Namun, kata Haslinda, peristiwa itu terjadi diduga akibat adanya pembakaran sampah sehingga api merambah ke hutan.

“Mengenai kronologi masih dalam pendataan, namun dugaan sementara terjadinya kebakaran akibat dari pembakaran sampah,” kata Haslinda dalam keterangannya kepada wartawan di Banda Aceh, Selasa, 28 Januari 2020.

Haslinda menambahkan, hutan yang terbakar tersebut merupakan lahan kosong. Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya mengerahkan dua armada pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

Selain itu, kata Haslinda, pemadaman juga dibantu oleh masyarakat, TNI, Polri, RAPI, Satgas SAR Aceh Jaya serta relawan peduli bencana lainnya.

“Selain memadamkan api, para relawan juga turut membagikan masker untuk antisipasi ISPA,” kata Haslinda.*(C-008)

Shares: