News

13.246 wisatawan kunjungi Sabang selama libur Nataru

Kiat hidup senang dan bahagia tanpa hutang
Ilustrasi, wisatawan saat liburan ke Sabang, Senin (14/11/2022). Foto: Muhammad Fadhil/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Dinas Pariwisata Kota Sabang, Provinsi Aceh menyebutkan sebanyak 13.246 orang wisatawan berkunjung ke pulau paling barat Indonesia itu selama momentum liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Sabang Faisal Azawar, Senin (2/1/2023), mengatakan data tersebut kunjungan wisatawan nusantara tersebut terpantau mulai 24 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

“Jumlah kunjungan wisatawan nusantara ke Kota Sabang diperkirakan mencapai 12.246 orang. Di samping itu kunjungan wisatawan mancanegara juga meningkat,” kata Faisal Azawar saat dihubungi dari Banda Aceh.

Pulau Weh Sabang memang menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan domestik ketika momentum libur peringatan hari besar.

Faisal menjelaskan kunjungan wisatawan ke Kota Sabang terus menunjukkan peningkatan seiring kondisi pandemi COVID-19 yang semakin kondusif. Apalagi setelah pemerintah mencabut berbagai pembatasan karena pandemi.

Pemerintah Kota Sabang, kata Faisal, terus berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Weh itu dengan cara meningkatkan promosi melalui berbagai platform media sosial maupun media massa.

“Kemudian kerjasama dengan para travel di Aceh dan luar Aceh seperti para pelaku travel Sumatera Utara, peningkatan pelayanan, kemudahan akses, perbanyak atraksi atau event,” ujarnya.

Untuk diketahui, Sabang atau Pulau Weh berjarak sekitar 14 mil laut dari Kota Banda Aceh. Daerah ini memiliki banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, seperti keindahan terumbu karang di kawasan Pulau Rubiah, lokasi menyelam di pantai Iboih, dan pantai Sumur Tiga.

Kemudian bagi wisatawan yang suka dengan objek wisata sejarah, Kota Sabang yang telah ditetapkan sebagai kawasan pelabuhan bebas (freeport) ini juga dapat mengunjungi benteng Jepang, selain tidak kalah menarik juga dengan tugu “nol kilometer” bagian barat Indonesia.

Beragam objek wisata menarik di pulau yang berbatasan dengan perairan laut internasional itu telah menjadikan magnet bagi wisatawan dari berbagai daerah di Tanah Air tersebut berduyun-duyun ke Sabang. (ant)

Shares: