News

138 atlet USK siap bertarung di POMDA

Pelepasan kontingen USK untuk mengikuti POMDA di Unimal, Lhokseumawe tahun ini, Kamis (14/9/2023). Foto: USK

POPULARITAS.COM – Universitas Syiah Kuala (USK) mengirimkan sebanyak 138 atlet untuk bertanding di ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (POMDA) tingkat provinsi Aceh tahun 2023. Pelepasan kontingen USK berlangsung di Sport Center kampus setempat, Kamis (14/9/2023).

Penanggungjawab Kontingen USK, Syamsulrizal mengatakan, POMDA akan berlangsung sejak tanggal 16 hingga 23 September 2023. Atlet USK akan bertolak ke Lhokseumawe, dimana Unimal bertindak sebagai tuan rumah, sebanyak tiga gelombang.

Gelombang pertama dengan jumlah 162 atlet, berangkat tanggal 16 September. Gelombang kedua dengan jumlah 19 atlet, bertolak tanggal 17 September. Sedangkan gelombang ketiga sekaligus terakhir, dengan jumlah 12 atlet, melakukan perjalanan pada tanggal 19 September.

“Target kita mempertahankan juara umum. Mudah-mudahan target dan niat ini dapat terkabul hendaknya,” kata Syamsulrizal, Jumat (15/9/2023).

USK akan turun di 14 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan. Meliputi atletik, futsal, tenis lapangan, bola basket, voli pasir, sepak takraw, bulu tangkis, taekwondo, kempo, karate, pencak silat, panjat tebing, catur, dan renang.

Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan yang melepas secara resmi atlet kampus Jantong Hate Rakyat Aceh berharap, para atlet USK tampil maksimal guna mendapatkan hasil terbaik, yaitu juara umum. Sebagaimana capaian di POMDA edisi sebelumnya di Unsam, Langsa.

“Yang lebih penting dari itu, atlet USK capaiannya musti sama dengan atlet POMNAS, atau minimal mendekati catatan para juara POMNAS. Karena setelah POMDA, para atlet ini akan mewakili Aceh di POMNAS yang akan berlangsung di Kalsel,” tutur Rektor.

Selama mengikuti POMDA 2023 di Unimal, Prof Marwan berpesan kepada atletnya untuk menjaga kondisi lagi disiplin. Selama di sana, para atlet akan didampingi 36 pelatih dan 19 panitia kontingen.

“Saya yakin para atlet sudah mempersiapkan diri dan latihan bersama. Insya Allah berkat usaha tersebut dan doa, prestasi terbaik bisa kita gapai. Namun yang tak boleh terlupakan adalah sinergitas bersama, semua unsur yang terlibat dalam kontingen USK,” jelas Prof Marwan.

Selama berjuang mengharumkan nama USK di POMDA, Rektor mengingatkan agar para atlet fokus di cabor yang diikuti, tanpa berpikir ke kampus. Sebab dispensasi proses perkuliahan, selama mengikuti POMDA terjamin.

Shares: