News

16 santri Dayah Insan Qurani raih juara STQ Aceh Besar 2023

16 santri dayah Insan Qurani raih juara STQ Aceh Besar 2023
16 santri dayah Insan Qurani raih juara STQ Aceh Besar 2023. Foto: Dayah IQ

POPULARITAS.OM – Kabar gembira kembali datang dari arena Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Kabupaten Aceh Besar. Sebanyak 16 juara dari berbagai cabang berhasil diraih oleh santri dan alumni Dayah Insan Qurani dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemkab Aceh Besar tersebut.

Dari total jumlah tersebut, 13 di antaranya merupakan santri aktif, sedangkan 3 lainnya merupakan alumni Dayah Insan Qurani.

Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 28 April-2 Mei 2023 ini ditutup secara resmi oleh Pj. Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto setelah sebelumnya dibuka oleh Sekdakab Aceh Besar, Sulaimi.

STQ kali ini dipusatkan di aula utama gedung BPMP Provinsi Aceh dengan beberapa arena lainnya yang tersebar di sejumlah titik yang telah ditentukan seperti Gedung Dekranasda Provinsi Aceh, Masjid Babussalam Lamteungoh, dan Meunasah Gampong Lambaro Aceh Besar.

Ketua Dewan Hakim Rusdi menyampaikan para juara STQ kali ini akan menghadapi serangkaian seleksi lanjutan untuk nantinya bisa lolos sebagai utusan Aceh Besar pada kegiatan MTQ tingkat Provinsi Aceh yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat di Kab. Simeulue.

“Ini kegiatan STQ pertama yang kita laksanakan secara terbuka setelah beberapa tahun lalu sempat vakum karena pandemi COVID-19. Insyaallah secara bertahap akan kita tingkatkan menjadi MTQ yang lebih meriah untuk syi’ar dakwah Al-Qur’an kepada segenap lapisan masyarakat,” ungkapnya dalam keterangan, Kamis (4/5/2023).

Pada penyelenggaraan STQ Aceh Besar ini, para santri dan alumni tampil mewakili kecamatan domisili masing-masing. Setidaknya ada 23 kafilah dari seluruh kecamatan se-Aceh Besar yang ikut berpartisipasi memeriahkan event ini.

Pimpinan Dayah Insan Qurani YPUQ Aneuk Batee, Ustaz Muzakkir Zulkifli merasa bangga dan bersyukur atas raihan prestasi para santri dan alumni pada STQ Aceh Besar kali ini.

“Alhamdulillah kami bersyukur dengan partisipasi para santri dan alumni dalam kegiatan tahunan ini. Raihan 16 juara pada STQ Aceh Besar merupakan kabar gembira bagi kami dan awal yang baik untuk melangkah ke jenjang yang lebih tinggi. Selamat kepada anak-anak kami dan terus pertahankan prestasi,” ujarnya.

Dia juga berharap agar santri dan alumni dari kabupaten lainnya terus belajar dan mempersiapkan diri agar bisa berkompetisi di MTQ tingkat Provinsi Aceh yang akan diadakan di Kab. Simeulue November mendatang.

“MTQ ini selain menjadi media dakwah juga merupakan ajang pembinaan diri dan penguat silaturrahmi. Oleh karena itu, kami berdo’a agar nantinya ada dari santri maupun alumni IQ yang mengharumkan nama Aceh di pentas MTQ Nasional yang Insyaallah akan diselenggarakan di Samarinda, Kaltim tahun 2024,” tambahnya.

Pencapaian santri pada STQ tersebut, menurut pimpinan dayah tidak terlepas dari pola pembinaan prestasi yang berlangsung di Dayah Insan Qurani dan juga pelatih dari kecamatannya masing-masing.

Untuk itu pimpinan dayah mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang tulus dari semua pihak yang terlibat sehingga membuka ruang bagi santri dan alumni Dayah Insan Qurani untuk mengukir prestasi sebanyak mungkin dalam usia produktifnya.

Shares: