News

18 Rumah Warga Buloh Seuma Terbakar Siang Tadi

SINGKIL (popularitas.com) – Sebanyak 18 unit rumah warga terbakar di Gampong Buloh Seuma, Aceh Singkil, Kamis, 1 Agustus 2019 sekitar pukul 12.00 WIB tadi. Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut, tetapi dipastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Informasi yang diterima dari Pusdatin Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebutkan, ke 18 unit rumah warga yang terbakar tersebut diketahui milik Bahrudin, Bayak Nudin, Suratno, Pukak Wang, Hunus Berutu, Jala, dan Waji Nurdin.

Selanjutnya, rumah Kakah, Rasit Pohan, Tamin Berutu, Ismail Barus, Munah, Idal bancin, Kedek, Sarimin, Soraya, Sabar dan Musahi juga terbakar dalam musibah tersebut.

Dari laporan BPBA disebutkan korban terdampak berjumlah 18 KK, sementara jumlah jiwa masih dalam pendataan.

Kebakaran hebat tersebut baru berhasil dipadamkan setelah pihak BPBD Aceh Singkil menerjunkan enam unit mobil Damkar ke lokasi. Ke enam unit mobil damkar itu masing-masing berasal dari Pos Kecamatan Suro 1 unit, Pos Kecamatan Simpang Kanan 1 unit, Pos Kecamatan Gunung meriah 2 unit, Pos Kecamatan Kota Baharu 1 unit, Pos Kecamatan Singkil Utara 1 unit dan dibantu oleh Armada Damkar Pemko Subulussalam 1 unit.

Selain 18 unit rumah yang terbakar, dua unit rumah warga lainnya terpaksa dibongkar dalam kejadian ini untuk memutus sambaran api. “Untuk penanganan darurat bencana kebakaran, BPBA menugaskan Kepala Seksi Logistik Iskandar dalam rangka koordinasi penanganan masa panik dan membawa bantuan pemerintah Aceh untuk masyarakat terdampak bencana kebakaran,” kata Kepala BPBA T Ahmad Dadek.

Adapun jenis bantuan dari Pemerintah Aceh yang diserahkan antara lain kasur, bantal, piring, gelas, kompor gas, tenda gulung, tikar, selimut, paket kebersihan keluarga, paket perlengkapan keluarga, dan paket perlengkapan bayi. “Selain bahan bantuan tersebut BPBA juga membantu bahan lauk pauk untuk dapur umum,” pungkas Dadek.* (RED)

Shares: