2.046 calon haji bertolak ke Saudi pada hari ketiga pemberangkatan

POPULARITAS.COM – Sebanyak 2.046 calon haji dari empat embarkasi yakni Jakarta, Padang, Solo, dan Surabaya akan bertolak ke Arab Saudi pada hari ketiga pemberangkatan atau masa operasional penyelenggaraan haji 1443 Hijriah/2022 Masehi.

“Jumlah rencana keberangkatan jamaah haji di hari ketiga ini sebanyak lima kloter dari empat embarkasi dengan jumlah jamaah seluruhnya 2.046 orang,” ujar Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama Akhmad Fauzin dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (6/6/2022).

Ia merinci jumlah jamaah yang berangkat dari masing-masing embarkasi yakni Jakarta Pondok Gede satu kloter dengan jumlah 393 orang, embarkasi Padang sebanyak satu kloter dengan jumlah 393 orang.

Kemudian embarkasi Solo satu kloter dengan jumlah 360 orang dan embarkasi Surabaya sebanyak dua kloter dengan jumlah masing-masing 450 orang.

Apabila dihitung sejak hari pertama pemberangkatan, embarkasi Jakarta memberangkatkan tiga kloter dengan jumlah jamaah dan petugas 1.171 orang, embarkasi Bekasi empat kloter dengan jumlah jamaah dan petugas 1.635 orang.

Selanjutnya embarkasi Solo empat kloter dengan jumlah jamaah dan petugas 1.432 orang, embarkasi Surabaya sebanyak dua kloter dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 898 orang, dan embarkasi Padang dua kloter dengan jumlah jamaah dan petugas 784 orang.

“Dengan demikian sampai hari ini jumlah yang telah diberangkatkan sebanyak 15 kloter atau 15 kelompok terbang dengan jumlah jamaah dan petugas sebanyak 5.920 orang,” kata Akhmad.

Penyelenggaraan haji 1443 H/2022 M bertepatan dengan musim panas. Menurut Abdullah, kondisi cuaca rata-rata di Arab Saudi pada hari ini berkisar antara 30 sampai 44 derajat celcius dengan kelembaban rata-rata delapan persen.

“Pesan kami bagi jamaah tetap istirahat yang cukup, minum air putih sebelum haus, dan memakai masker ketika berkumpul di ruangan,” kata dia. (ANT)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.