NewsSyariat Islam

200 orang bacaleg DPRK Banda Aceh belum ikut tes uji baca Alquran

200 orang bacaleg DPRK Banda Aceh belum ikut tes uji baca Alquran
Ketua KIP Banda Aceh Indra Milwady

POPULARITAS.COM – Sebanyak 200 orang bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPRK Banda Aceh, hingga saat ini belum mengikuti tes uji kemampuan baca Alquran. Sementara itu, 433 orang diantaranya dinyatakan sudah mengikuti tes.

Ketua KIP Kota Banda Aceh Indra Milwady, dalam keterangannya, Senin (12/6/2023) mengatakan, total bacaleg DPRK di daerah ini berjumlah 633 orang. Dari jumlah itu, ujarnya lagi, 433 orang sudah tes ngaji, dan 200 orang lainnya belum.

Sesuai ketentuan, bagi para bacaleg yang tidak ikut tes ngaji akan dinyatakan gugur, dan tidak bisa ditetapkan sebagai calon anggota legislatif pada Pileg 2024 mendatang.

Pihaknya sendiri, katanya lagi, sesuai dengan surat edaran KIP Aceh telah memberikan masa perpanjangan bagi para caleg yang belum melakukan tes mengaji untuk dapat melakukannya hingga 12 Juni 2023.

“Batas akhir hari ini, jika tidak mengikuti dinyatakan gagal dan tidak bisa ditetapkan sebagai calon anggota legislatif,” ujarnya.

Nah, bagi yang dinyatakan gugur karna tidak ikut tes mengaji, atau dinyatakan tidak mampu uji baca Alquran, maka partai pengusung dapat melakukan pergantian nama-nama saat tahapan perbaikan nantinya, demikian, Indra Milwady.

Editor : Hendro Saky

Shares: